STRATEGI ADAPTASI PEDAGANG PASAR PAGI PASCA PENGEMBANGAN PASAR (STUDI KASUS PADA PEDAGANG PASAR PAGI TEGAL)


NUR KHAYATI , 3401412003 (2016) STRATEGI ADAPTASI PEDAGANG PASAR PAGI PASCA PENGEMBANGAN PASAR (STUDI KASUS PADA PEDAGANG PASAR PAGI TEGAL). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (431kB) | Preview

Abstract

Adanya pengembangan bangunan membuat Pasar terbagi menjadi terblokblok sehingga pedagang harus menyesuaikan dengan bangunan yang baru. Sehingga adanya bangunan yang baru pedagang merasa harus memiliki strategi untuk bisa menyesuiakan dan mempertahankan usaha dagangnya. Penelitian ini bertujuan (1)Untuk memahami dan menjelasakan alasan pedagang melakukan strategi adaptasi pasca pengembangan. (2) Untuk memahami dan menjelaskan bentuk strategi adaptasi yang dilakukan pedagang Pasar Pagi Tegal pasca pengembangan. (3) Untuk memahami dan menjelaskan dampak dari srategi adaptasi yang dilakukan pedagang Pasar Pagi Tegal pasca pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, berlokasi di Pasar Pagi Tegal. Informan utama dalam penelitian ini adalah Pedagang Pasar Pagi Tegal dengan beberapa tipe pedagang sedangkan informan pendukung adalah pengelola pasar, Dinas Pasar, Koordinator trantib, trantib, Masyarakat Sekitar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan melalui teknik triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan veifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) Pedagang melakukan strategi setelah pengembangan dikarenakan untuk mempertahakan pelanggan, alasan ekonomi, keterbatasan keahlian, serta mempertahakan kelangsungan usaha. (2) strategi kepada konsumen, produsen, pemilik modal, lokasi berdagang merupakan suatu cara agar pedagang dapat bertahan di pasar sehinga pedagang tidak kehilangan pekerjaan. (3) Dampak yang ditimbulkan dari adanya strategi yaitu tidak kehilangan pelanggan, memperlancar sirkulasi barang dagangan, mempertahankan usaha dagang agar tetap berjalan, dan mendapatkan pelanggan yang banyak. Saran penelitian: (1) Bagi Dinas Pasar seharusnya mengelola tempattempat lokasi pedagang yang srategis sehingga tidak ada pedagang yang pindah lokasi. (2) Bagi Pemerintah Kota Tegal harus memperhatikan nasib pedagang kecil dengan memberikan modak kepada pedagang kecil sehingga mampu bertahan pasca pengembangan pasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pedagang, Pengembangan, Strategi Adaptasi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Tradisional Market
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2017 18:36
Last Modified: 21 Nov 2017 18:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27666

Actions (login required)

View Item View Item