PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MELALUI INDUSTRI KECIL DI PEDESAAN (Studi dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Serang Di Desa Pulorejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan)


Nika Rizqi Fitrina , 3401412001 (2016) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MELALUI INDUSTRI KECIL DI PEDESAAN (Studi dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Serang Di Desa Pulorejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (743kB) | Preview

Abstract

Kelompok usaha bersama (KUB) Serang merupakan salah satu program dari pemerintah, yang dikoordinasi oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi. Tujuan penelitian: kegiatan pemberdayaan perempuan dalam kelompok usaha bersama (KUB) Serang; faktor pendukung dan penghambat perempuan dalam mengembangkan kelompok usaha bersama (KUB) Serang; peran anggota perempuan kelompok usaha bersama (KUB) Serang dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, berlokasi di KUB Serang Desa Pulorejo. Informan utama dalam penelitian adalah perempuan anggota KUB Serang sedangkan informan pendukung dalam penelitian kepala desa, tutor, keluarga anggota KUB Serang, ketua KUB Serang, Kepala bagian non agro KUB batik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan melalui teknik triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan Kegiatan yang berlangsung di KUB Serang selangkah lebih maju dibandingkan KUB lain di Desa Pulorejo. KUB Serang tidak hanya memproduksi batik dalam bentuk lembaran saja, akan tetapi KUB Serang sudah berani membuat inovasi produk. Berdasarkan konsep partisipasi, partisipasi hanya sebagai cara program tersebut hanya pada tahap menuju pemberdayaan karena perempuan hanya sebagai objek. Faktor-faktor pendukung perempuan dalam mengembangkan (KUB) Serang adalah adanya motivasi perempuan, dukungan keluarga serta dukungan pemerintah yang membuat perempuan semakin antusias menjalankan usaha bersama. Faktor-faktor penghambat adalah kurangnya modal uang dan bahan baku, serta permintaan pasar yang masih tergantung di wilayah Kabupaten Grobogan. Menurut teori struktural fungsionalisme fungsi manifes telah memberikan peningkatan kesejahteraan keluarga dan fungsi laten perempuan mendapat akses menjalankan program kegiatan tersebut. Anggota perempuan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga setelah memiliki kemampuan pengetahuan dan ketrampilan,serta memiliki penghasilan rutin setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Menurut analisis longwe program pemberdayaan hanya pada level akses dan kesejahteraan. Saran yang diajukan untuk penelitian ini, Bagi pemerintah, untuk dapat melakukan evaluasi kembali terkait dengan program pemberdayaan sudah sampai pada tahap apa. Perempuan sebaiknya lebih banyak dilibatkan dalam memecahkan persoalan faktor-faktor penghambat dalam mengembangkan usaha bersama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Kesejahteraan, Pemberdayaan, Perempuan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > Home Industri
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Female Worker
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2017 18:17
Last Modified: 21 Nov 2017 18:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27664

Actions (login required)

View Item View Item