PENGGUNAAN BUKU MATERI POKOK BERBASIS ELEKTRONIK (BMPE) PADA MATERI POKOK ETNOGRAFI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANTROPOLOGI PADA SISWA KELAS XI BAHASA DI SMA N 1 UNGARAN


Muhammad Zulfikar Said Hamdani , 3401411164 (2016) PENGGUNAAN BUKU MATERI POKOK BERBASIS ELEKTRONIK (BMPE) PADA MATERI POKOK ETNOGRAFI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANTROPOLOGI PADA SISWA KELAS XI BAHASA DI SMA N 1 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401411164.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (693kB) | Preview

Abstract

Tedapat kendala pada mata pelajaran Antropologi dalam pembelajaran materi Etnografi yang sedang dihadapi program kelas XI Bahasa di SMA N 1 Ungaran. Guru pengampu kurang memahami bagian-bagian sub materi apa saja yang terdapat di dalam materi Etnografi tersebut sehingga sub materi penting yang lain yang seharusnya juga diajarkan justru tidak diajarkan oleh guru. Hal tersebut menjadikan materi Etnografi yang dipelajari oleh siswa kurang lengkap. Karena kelemahan guru pengampu dalam menguasai materi, pada pembelajaran materi Etnografi siswa hanya diberi tugas untuk belajar secara mandiri dengan membaca contoh deskripsi suku-suku bangsa tersebut tanpa adanya pembahasan lanjutan dari hasil belajar mandiri tersebut. Kegiatan pembelajaran yang demikian tersebut selalu berulang pada kegiatan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya yang menjadikan siswa bosan dan bingung terhadap pembelajaran pada materi Etnografi. Melihat permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan mencobakan dan melihat bagaimana penggunaan media buku materi pokok elektronik (BMPE) pada materi pokok Etnografi dalam pembelajaran Antropologi secara langsung di kelas XI Bahasa guna menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pembuatan buku materi pokok elektronik sebagai media pembelajaran, 2) Pelaksanaan penggunaan media buku materi pokok elektronik, dan 3) Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media buku materi pokok elektronik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau sering disebut Research and Development (R&D). penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan media yang ditawarkan oleh Heinich, dkk (1982) yang dikenal dengan istilah ASSURE. Model ini merupakan salah satu model pengembangan desain instruksional yang memiliki beberapa tahapan deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMA N 1 Ungaran. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI Bahasa SMA N 1 Ungaran. Informan dalam penelitian ini adalah beberapa siswa kelas XI Bahasa, guru pengampu mata pelajaran Antropologi vii kelas XI Bahasa, dan guru pengampu mata pelajaran Antropologi SMA N 1 Ungaran yang lain. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan Teori Belajar Konstruktivisme Seymour Papert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ASSURE model dapat digunakan dalam pengembangan Buku Materi Pokok Berbasis Elektronik (BMPE) pada materi pokok Etnografi dengan cara sebagai berikut. Analyze learner characteristic (A) : Menganalisis karakteristik umum kelompok sasaran. State objective (S) : Menyatakan atau merumuskan tujuan pembelajaran.. Select or modify media (S) : Memilih, memodifikasi, atau merancang dan mengembangkan materi dan media yang tepat. Utilize (U) : Menggunakan materi dan media. Require learner response (R) : Meminta tanggapan dari siswa. Evaluate (E) : mengevaluasi proses belajar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa mengenai tujuan pembelajaran, keefektifan media, dan guru sendiri. Buku materi pokok berbasis lektronik (BMPE) digunakan secara optimal oleh guru dan siswa selama pembelajaran materi Etnografi. memiliki isi yang cukup lengkap, detail dan menarik sehingga menjadikan siswa antusias dalam mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh buku tersebut. Meskipun tidak menjamin bahwa siswa secara keseluruhan akan memahami materi Etnografi, namun media buku materi pokok berbasis elektronik atau disingkat BMPE dengan materi pokok Etnografi cukup efektif untuk digunakan sebagai media pembalajran pendamping guru dan siswa dalam melasanakan pembelajaran materi Etnografi di Kelas. Saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian yang telah dilakukan adalah 1. Keberhasilan penggunaan dan pemanfaatan media yang sudah ada akan kembali sangat bergantung pada keterampilan guru dalam menguasai kelas, terutama mengerti keadaan para siswanya. Sebaik dan sebagus apapun sebuah media dibuat akan tidak berarti apa-apa bila penggunanya tidak dapat memanfaatkan atau bahkan tidak mau menggunakan media tersebut dengan baik dan benar. Karena bermanfaatnya buku ini, untuk itu perlu pula buku ini hadir dalam bentuk cetak. Selain untuk mengakali kandala tidak tersedianya alat penujang, buku materi pokok Etnografi yang berbentuk centak tersebut dapat digunakan pada saat tertentu, seperti ketika listrik padam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Etnografi, Media, Buku Elektronik, Siswa SMA
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2017 15:32
Last Modified: 21 Nov 2017 15:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27655

Actions (login required)

View Item View Item