PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER DAN KECAKAPAN HIDUP BAGI SANTRI NDALEM DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL JANNAH KABUPATEN KUDUS


Hilma Lutfiana , 3401411090 (2016) PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER DAN KECAKAPAN HIDUP BAGI SANTRI NDALEM DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL JANNAH KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401411090.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (887kB) | Preview

Abstract

Pengembangan nilai karakter dan kecakapan hidup bagi santri ndalem di pondok pesantren Roudlotul Jannah merupakan proses belajar santri ndalem di suatu pondok pesantren yang diperoleh dari kehidupan sehari-hari selama mengabdi dengan keluarga sang Kiai atau di kalangan pesantren sering disebut dengan keluarga ndalem. Dengan mengabdi pada sang Kiai, perilaku sopan santun, adat istiadat, dan ilmu-ilmu secara kontinyu dalam kehidupan sehari-hari disini yang akan memberi bekal dasar dan latihan secara benar tentang nilai-nilai kehidupan sehari-hari agar yang bersangkuatan mampu sanggup dan terampil menjalankan kehidupannya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui nilai karakter dan kecakapan hidup apa saja yang diperoleh bagi santri ndalem (2) mengetahui proses pengembangan nilai-nilai karakter dan kecakapan hidup bagi santri ndalem (3) mengetahui manfaat yang diperoleh setelah menjadi santri ndalem . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di pondok pesantren Roudlotul Jannah Kabupaten Kudus. Informan utama dalam penelitian ini adalah santri ndalem di pondok pesantren Roudlotul Jannah. Informan pendukung dalam penelitian ini adalah Kiai, keluarga ndalem, pengurus pondok, santri. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data memakai metode analisis data kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penulis menggunakan teori habitus dari Bourdieu untuk membedah pengembangan nilai karakter bagi santri ndalem di pondok pesantren Roudlotul Jannah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Nilai-nilai karakter yang dikembangembangkan oleh Kiai dan keluarga ndalem terdiri dari religius yaitu nilai ibadah, ikhlas, kedisiplinan, sabar, tanggung jawab, tawadhu’ yang membentuk kepribadian santri ndalem menjadi baik, dan kecakapan hidup yang dikembangkan adalah pengasuhan anak, kewirausahaan dan keahlian dalam urusan domestik. (2) Proses pengembangan nilai karakter dan kecakapan hidup bagi santri ndalem di pondok pesantren Roudlotul Jannah dengan cara memberikan keteladanan bagi santri ndalem, melalui tugas dan tanggung jawab urusan domestik yang diberikan keluarga ndalem, pembiasaan dan pembelajaran menghafal Al-Qur’an. (3) Manfaat yang x diperoleh menjadi santri ndalem, yaitu sebagai dasar untuk menjadi ibu rumah tangga, mendapat pengetahuan untuk membangun relasi dari pihak luar, mendapatkan keberkahan dalam mengamalkan Al-Qur’an. Saran yang dapat penulis rekomendasikan dalam penelitian ini adalah (1) Bagi santri ndalem diharapkan dari nilai-nilai karakter yang mereka pelajari di pondok pesantren dapat ditularkan kepada santri-santri lain dengan cara bersikap lebih terbuka (2) Bagi pihak pesantren, untuk mbak anak-anak diberi pelatihan khusus dalam mendidik anak supaya dapat mengasuh santri anak-anak sesuai dengan masa perkembangan anak. (3) Pondok pesantren Roudlotul Jannah mengadakan forum evaluasi terbuka dimana santri ndalem diberi kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya. (4) Bagi santri yang sudah khatam diadakan pelatihan kecakapan hidup untuk bekal di masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Nilai Karakter, Kecakapan Hidup, Santri Ndalem.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2017 15:18
Last Modified: 21 Nov 2017 15:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27653

Actions (login required)

View Item View Item