UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN METODE PEMBELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU BELAJAR SISWA AKTIF DI KELAS XI IPS 4 TAHUN AJARAN 2014/2015 (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 JAKENAN)


Nurul Aini Nadhirotul Fikroyyah , 3401411046 (2016) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN METODE PEMBELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU BELAJAR SISWA AKTIF DI KELAS XI IPS 4 TAHUN AJARAN 2014/2015 (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 JAKENAN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401411046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (384kB) | Preview

Abstract

Pemerintah selalu menekankan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Namun, kenyataannya dilapangan masih banyak sekolah-sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran secara konvensional. Pada setiap pembelajaran, keaktifan siswa sangat diperlukan. Hal itu dapat dilihat dalam perubahan kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pada semua ranah, baik kognitif, afektif maupun psikomotor dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan upaya guru untuk mendukung pembelajaran yang mengarah pada pembelajaran siswa aktif. Siswa perlu diberi kesempatan luas untuk menggali kemampuan yang ada dalam dirinya terutama dalam mengikuti pembelajaran Sosiologi yang mengkaji tentang kehidupan sosial manusia. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan pembelajaran siswa aktif misalnya dengan penggunaan metode belajar. Guru dalam menyampaikan materi memilih metode mana yang sesuai dengan keadaan kelas atau siswa sehingga siswa merasa tertarik untuk mengikuti pelajaran yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perilaku belajar siswa dalam pembelajaran Sosiologi di kelas XI IPS 4; 2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan perilaku belajar siswa aktif di kelas XI IPS 4; 3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam meningkatkan perilaku belajar siswa aktif di kelas XI IPS 4 tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Jakenan Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 dan guru Sosiologi yang mengajar di kelas XI IPS 4. Informan dalam penelitian ini adalah guru Sosiologi lain, Wali kelas XI IPS 4, Siswa XI IPS kelas lain. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perilaku belajar siswa dalam proses pembelajaran Sosiologi di kelas XI IPS 4 tahun ajaran 2014/2015 menunjukkan siswa merasa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran Sosiologi di kelas. Hal ini dikarenakan beberapa hal yakni, kurangnya motivasi dari siswa itu sendiri baik itu karena faktor internal maupun faktor eksternal, lemahnya siswa dalam mempelajari konsep-konsep Sosiologi yang membutuhkan ix hafalan serta dalam menyampaikan materi, guru kurang mampu menarik minat siswa; (2) Upaya yang dilakukan oleh guru adalah; (a) Penerapan metode pembelajarn yang bervariasi yang mampu menarik minat siswa seperti ceramah bervariasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan. Selain itu guru juga menerapkan model pembelajaran talking stick. (b) Pemberian motivasi yang dilakukan oleh guru kepada siswa agar timbul hasrat untuk belajar sehingga tujuan pembelajarn dapat tercapai. (c) evaluasi hasil belajar guru Sosiologi sudah menggunakan penilaian berbasis kelas dengan menerapkan dua aspek penilaian yaitu penguasaan konsep dan penerapan konsep; (3) Kendala yang dihadapi guru, guru masih merasa bingung menerapkan metode yang sesuai dengan pembelajaran Sosiologi di dalam kelas tanpa harus menyita waktu dan materi yang sangat banyak, belum sepenuhnya menguasai teknik mengajar inovatif. Selain itu, minat dan motivasi dari peserta didik sendiri belum sepenuhnya terkontrol. Saran yang diperoleh dari hasil penelitian ini antara lain: (1) Guru Sosiologi sebaiknya aktif mencari sumber-sumber belajar Sosiologi lain yang sesuai dengan materi pembelajaran agar tidak hanya terpaku pada buku pelajaran yang ada. Guru juga harus aktif dan kreatif memanfaatkan media atau tugas yang ada seperti menjadikan tugas-tugas yang diberikan diakhir pertemuan sebagai bahan pelajaran dipertemuan-pertemuan selanjutnya. Selain itu, guru juga harus mampu membuat metode pembelajaran yang mampu menarik minat siswa seperti memanfaatkan berita dari koran-koran bekas, atau siswa disuruh untuk membuat video berdurasi pendek sesuai dengan materi pelajaran sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan bisa tercapai; (2) Siswa harus aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, jangan hanya menerima apa yang diberikan atau diajarkan guru. Selain itu siswa juga lebih semangat lagi dalam menumbuhkan minat belajar untuk diri sendiri, karena semaksimal apapun usaha yang dilakukan oleh guru jika tidak diimbangi dengan antusias siswa, maka usaha yang dilakukan oleh guru akan sia-sia yang akan berdampak pada hasil dan prestasi belajar siswa; (3) Pihak sekolah diharapkan sering menyelenggarakan pelatihan pembuatan serta pemanfaatan media pembelajaran dan pelatihan menggunakan media pembelajaran agar guru semakin percaya diri dan terampil ketika menyampaikan materi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Sosiologi, Perilaku belajar, Upaya Guru
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2017 14:30
Last Modified: 21 Nov 2017 14:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27651

Actions (login required)

View Item View Item