STRATEGI ADAPTASI EKONOMI PADA PEMILIK HOME INDUSTRY KEMASAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN ( Studi Kasus di Desa Prupuk Selatan Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal)


Vediyanti Mavikasari , 3401411023 (2016) STRATEGI ADAPTASI EKONOMI PADA PEMILIK HOME INDUSTRY KEMASAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN ( Studi Kasus di Desa Prupuk Selatan Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401411023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembangunan industri selain dilakukan dalam segala tingkatan juga dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia. Di Desa Prupuk Selatan dikenal sebagai sentra industri kemasan di Kabupaten Tegal yang sebagian besar masyarakatnya memiliki kemampuan memproduksi barang seperti kalung, gelang, cincin, dan anting-anting dari generasi ke generasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan khazanah ilmu pengetahuan khususnya dibidang sosiologi ekonomi. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ada di Desa Prupuk Selatan, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal. Fokus penelitian adalah (1) bagaimana strategi adaptasi pemilik home industry kemasan, dan (2) bagaimana faktor penghambat dan faktor pendorong strategi adaptasi pemilik home industry kemasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dan teori yang digunakan adalah strategi adaptasi. Hasil penelitian ini adalah strategi adaptasi ekonomi yang dilakukan secara internal dan eksternal. Yang merupakan faktor internal adalah (1) melakukan pembenahan agar tetap bisa bertahan dengan menjaga hubungan dengan pembeli (2) melakukan penghematan atau efisiensi usaha. Dan faktor eksternalnya adalah (1) mencari pekerjaan sampingan agar tetap bisa untuk memenuhi kebutuhan. Faktor penghambat strategi adaptasi adalah (1) keterbatasan modal (2) keadaan fisik, kemudian faktor pendorongnya adalah (1) pemenuhan kebutuhan (2) usaha turun temurun dari orang tuanya. Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) faktor eksternal adalah dengan cara mencari pekerjaan sampingan agar tetap bisa memenuhi kebutuhannya dan (2) faktor internal adalah melakukan pembenahan agar tetap bisa bertahan dengan menjaga hubungan dengan pembeli tetapi belum melakukan promosi dan melakukan penghematan atau efisiensi usaha, dengan merujuk pada teori strategi adaptasi dari John W. Bennet bahwa pola-pola berbagai usaha direncanakan oleh manusia untuk dapat memenuhi syarat minimal yang dibutuhkannya dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Hal tersebut dilakukan secara sosial misalnya memperhatikan dan merespom harapan yang diinginkan oleh pembeli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi, Home Industry kemasan, Pemilik, Strategi Adaptasi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Home Industry
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Home Industry
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2017 14:24
Last Modified: 21 Nov 2017 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27650

Actions (login required)

View Item View Item