PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI MEDIA LAGU DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL “NUMBERED HEADS TOGETHER “ SISWA KELAS VIII SMPN 2 TENGARAN


Joko Priyatno , 2101406551 (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI MEDIA LAGU DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL “NUMBERED HEADS TOGETHER “ SISWA KELAS VIII SMPN 2 TENGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI MEDIA LAGU DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL “NUMBERED HEADS TOGETHER “ SISWA KELAS VIII SMPN 2 TENGARAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI MEDIA LAGU DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL “NUMBERED HEADS TOGETHER “ SISWA KELAS VIII SMPN 2 TENGARAN) - Published Version
Download (904kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran keterampilan menulis memiliki berbagai macam bentuk. Salah satunya adalah keterampilan menulis naskah drama. Menulis naskah drama merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa Kenyataan di lapangan, setelah penulis melakukan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMPN 2 Tengaran, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII masih rendah. Peneliti ingin meningkatkan kemampuan menulis naskah drama melalui media lagu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis naskah drama dan perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP N 2 Tengaran setelah menggunakan media lagu dengan pendekatan kooperatif model Numbered Heads Together. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis naskah drama dan perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP N 2 Tengaran setelah mengguanakan media lagu dengan pendekatan kooperatif model Numbered Heads Together. Adapun manfaat penelitian ini bagi guru adalah dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran di kelas khususnya pembelajaran menulis naskah drama dan dapat menambah bahan pertimbangan serta masukan dalam memilih teknik pembelajaran menulis, sedangkan bagi siswa yaitu dapat menambah pengalaman belajar siswa yang berharga, meningkatakan minat siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama, serta melatih siswa dalam menulis karya sastra terutama naskah drama. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII C SMP N 2 Tengaran. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel keterampilan menulis naskah drama dan variabel penggunaan media lagu melalui pendekatan kooperatif model Numbered Heads Together. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah berupa tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif diperoleh dari hasil tes siklus I dan siklus II. Analisis data kualitatif diperoleh dari instrumen nontes yang berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam menulis naskah drama. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 55,1. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 72, ada peningkatan sebesar 16,9 atau 30,7 %. Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa menulis naskah drama dengan menggunakan media lagu dan pendekatan kooperatif model Numbered Heads Together mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis naskah drama dan mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih baik atau positif dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya media lagu dan pendekatan kooperatif model Numbered Heads Together digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis kreatif khususnya naskah drama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, naskah drama, media lagu, pendekatan kooperatif, Numbered Heads Together.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2011 01:27
Last Modified: 25 Apr 2015 04:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2764

Actions (login required)

View Item View Item