KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII SMP N 1 SAYUNG


Wahyu Hidayat , 3301412156 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII SMP N 1 SAYUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412156.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (623kB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan suatu proses yang menimbulkan terjadinya suatu perubahan atau pembaharuan dalam tingkah laku dan kecakapan. Akan tetapi kenyataannya proses belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Sayung, Kabupaten Demak banyak mengalami hambatan. Seperti peserta didik cenderung pasif saat pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif mudah diterapkan dan melibatkan keaktifan peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP N 1 Sayung Kabupaten Demak? (2) apakah ada perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe STAD (Students-Achievement Division) kelas VII SMP N 1 Sayung Kabupaten Demak. Desain penelitian ini menggunakan Quasi-Experimental Design dengan bentuk Pretest dan Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII D sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas VII E sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran STAD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan bantuan SPSS22. Dalam pelaksanaan strategi belajar mengajar model kooperatif tipe Jigsaw, aktivitas belajar siswa lebih aktif. Karena setiap siswa diberikan tanggung jawab untuk menyampaikan materi yang telah ditugaskan terhadap anggota kelompok lainnya. Sementara pelaksanaan strategi belajar mengajar model kooperatif tipe STAD, aktivitas belajar siswa cenderung pasif. Hal ini disebabkan siswa lebih mengandalkan anggota kelompok yang berprestasi. Hasil uji-t Uji Independent Sample T Tes rata-rata hasil belajar posttest kedua kelas berbeda. Hasil nilai ratarata kelas eksperimen yaitu 82,63. Sementara hasil rata-rata kelas kontrol dengan model pembelajaran STAD yaitu 70,51. Jadi dalam hal ini penerapan model pembelajaran jigsaw lebih efektif karena nilai rata-rata melebihi nilai KKM yang telah ditentukan. Data yang diperoleh adalah (thitung > ttabel) 1,775>1,66 pada taraf signifikansi 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi kedua rata-rata sampel memiliki hasil yang berbeda. Berdasarkan simpulan di atas diajukan beberapa saran sebagai berikut: (1) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada tahap pembagian kelompok harus memperhatikan waktu pembelajaran agar berjalan efektif, (2) perlu adanya kesepakatan pembagian kelompok sebelum peraturan dalam menjalankan diskusi dan peraturan kelompok, sehingga tidak terjadi kegaduhan dan waktu yang terbuang, (3) direkomendasikan bagi guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada metari mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat, (4) direkomendasikan untuk penelitian lebih lanjut pada ranah afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, dan Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2017 18:32
Last Modified: 20 Nov 2017 18:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27632

Actions (login required)

View Item View Item