Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Peningkatan Kecakapan Sosial Siswa Kelas VIII SMP N 4 Semarang


Alvian Octo Risty , 3301412154 (2016) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Peningkatan Kecakapan Sosial Siswa Kelas VIII SMP N 4 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412154.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (345kB) | Preview

Abstract

Upaya pembangunan di bidang pendidikan harus dilanjutkan untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga dapat mewujudkan manusia yang berkualitas. Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang memfokuskan pada proses pemahaman materi pelajaran di mana siswa mencari informasi terlebih dahulu lalu guru menguatkan materi tersebut dengan cara menyampaikannya kembali secara lisan kepada siswa, dengan maksud agar siswa dapat memahami materi pelajaran secara optimum, dan kecakapan sosial merupakan suatu kecakapan yang mencakup kecakapan berkomunikasi dan bekerja sama. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran ekspositori, menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penerapan strategi pembelajaran ekspositori terhadap peningkatan kecakapan sosial, serta mendeskripsikan hambatan-hambatan penerapan strategi pembelajaran ekspositori. Penelitian ini adalah penelitian campuran dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif meneliti penerapan dan hambatan penerapan strategi pembelajaran ekspositori, sedangkan pendekatan kuantitatif meneliti pengaruh penerapan strategi pembelajaran ekspositori terhadap kecakapan sosial. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis datanya triangulasi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ekspositori di SMP Negeri 4 Semarang menggunakan metode tanya jawab, ceramah, demonstrasi dan diskusi. berdasarkan analisis regresi diketahui bahwa nilai koefisien determinasi (R2) 0.337 atau 33,7%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel dependen (strategi pembelajaran ekspositori) hanya mampu menjelaskan variabel independen (kecakapan sosial) sebesar 33,7%. Sedangkan sisanya 66,3% dijelaskan variabel lain, yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hambatan dalam penerapan strategi pembelajaran ekspositori adalah sarana penunjang pembelajaran yakni di kelas VIII terdapat proyektor yang kurang berfungsi sebagai mana mestinya dan keadaan ruang kelas yang panas sehingga konsentrasi siswa melemah. Saran untuk guru, alangkah baiknya mencoba menggunakan strategi ini, karena terbukti dapat meningkatkan kecakapan sosial. Untuk sekolah, sebaiknya sekolahan melengkapi dan memperbaiki fasilitas penunjang kegiatan pembelajaran. Untuk peneliti lain, penelitian ini diharapkan menjadi referensi untuk penelitian sejenis meskipun waktu, tempat lokasi, maupun mata pelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Ekspositori, Kecakapan Sosial, dan Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2017 18:21
Last Modified: 20 Nov 2017 18:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27630

Actions (login required)

View Item View Item