PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA YANG DILENGKAPI MEDIA BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMERIKSAAN CACAT PENGELASAN SISWA SMK N 1 KARANGDADAP SKRIPSI


Adi Pramono , 5201412059 (2016) PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA YANG DILENGKAPI MEDIA BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMERIKSAAN CACAT PENGELASAN SISWA SMK N 1 KARANGDADAP SKRIPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201412061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran. Salah satu media yang sangat penting dalam proses pembelajaran adalah lembar kerja siswa (LKS). Lembar kerja siwa yang dilengkapi media benda memungkinkan siswa untuk memecahkan masalah secara mandiri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada peningkatan hasil belajar kompetensi pemeriksaan cacat pengelasan siswa setelah menggunakan lembar kerja siswa yang di lengkapi media benda dibandingkan dengan metode ceramah? (2) Seberapa besar peningkatan hasil belajar kompetensi pemeriksaan cacat pengelasan siswa yang menggunakan lembar kerja siswa yang di lengkapi media benda? Desain eksperimen yang dipakai peneliti ini adalah Group pretest and postes Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI TP di SMK N 1 Karangdadap dengan jumlah 72 peserta didik pada tahun pelajaran 2015/2016. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI TP 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas XI TP 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 siswa. Teknik sampling yang dipakai adalah sampel random. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Penggunaan lembar kerja siswa yang di lengkapi media benda. Hasil belajar kompetensi pemeriksaan cacat pengelasan sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata belajar kompetensi pemeriksaan cacat pengelasan pada kelompok kontrol yaitu yang menggunakan pembelajaran ceramah sebesar 61,35 dengan kriteria nilai tiggi. Sedangkan pada kelompok eksperimen nilai rata-rata pada pembelajaran dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilengkapi media benda sebesar 88,50 dengan kriteria sangat tinggi. Ada peningkatan hasil belajar kompetensi pemeriksaan cacat pengelasan yang menggunakan media Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilengkapi media benda dibandingkan dengan pembelajaran ceramah pada siswa SMK N 1 Karangdadap. Besarnya peningkatan hasil belajar pemeriksaan cacat pengelasan yang menggunakan pembelajaran dengan media Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilengkapi media benda pada siswa SMK N 1 Karangdadap sebesar 68,28% dengan kriteria tinggi, sedangkan yang menggunakan pembelajaran ceramah sebesar 19,34% dengan kriteria sangat rendah. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan media Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilengkapi media benda dapat menghasilkan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ceramah, maka lembar kerja siswa yang dilengkapi mendia benda dapat dijadikan alternatif oleh pendidik dalam proses pembelajaran khususnya kompetensi pemeriksaan cacat pengelasan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilengkapi media benda, Hasil belajar siswa.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Nov 2017 17:50
Last Modified: 20 Nov 2017 17:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27621

Actions (login required)

View Item View Item