PENGARUH VARIASI KONSENTRASI LARUTAN KROMIUM (Cr) DAN WAKTU PADA PROSES ELEKTROPLATING TERHADAP KETEBALAN LAPISAN DAN KEKERASAN PERMUKAAN BAJA KARBON RENDAH


Anang Prayogo , 5201412050 (2016) PENGARUH VARIASI KONSENTRASI LARUTAN KROMIUM (Cr) DAN WAKTU PADA PROSES ELEKTROPLATING TERHADAP KETEBALAN LAPISAN DAN KEKERASAN PERMUKAAN BAJA KARBON RENDAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201412051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Baja karbon rendah merupakan salah satu jenis baja yang sering digunakan dalam bidang industri tetapi bahan ini memiliki nilai kekerasan yang rendah, tidak tahan korosi, dan mudah aus. Elektroplating merupakan proses pelapisan logam yang sering dipakai industri-industri untuk meningkatkan kualitas bahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi larutan dan waktu pada proses elektroplating terhadap ketebalan lapisan dan kekerasan permukaan baja karbon rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, yaitu bertujuan untuk mengetahui sebab akibat berdasarkan perlakuan yang diberikan pada saat penelitian. Pada penelitian ini, perlakuan yang diberikan yaitu variasi konsentrasi larutan dan waktu pada proses elektroplating kromium. Variasi konsentrasi larutan yang digunakan yaitu 240, 250, dan 260 gr/lt. Sedangkan waktu pelapisan yang digunakan yaitu 5, 10, dan 15 menit. Setelah diberi perlakuan sesuai variasi pada proses elektroplating, selanjutnya dilakukan uji ketebalan lapisan dan kekerasan permukaan pada masing-masing spesimen. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil pengujian menghasilkan ketebalan lapisan terendah didapatkan pada variasi konsentrasi larutan 260 gr/lt dengan waktu pelapisan 5 menit sebesar 3,7 μm. Sedangkan Ketebalan lapisan tertinggi didapatkan pada variasi konsentrasi larutan 260 gr/lt dengan waktu pelapisan 15 menit sebesar 23,3 μm. Pada kekerasan permukaan, didapatkan kekerasan permukaan terendah pada variasi konsentrasi larutan 240 gr/lt dengan waktu pelapisan 5 menit sebesar 745 VHN. sedangkan kekerasan tertinggi didapatkan pada variasi konsentrasi larutan 260 gr/lt dengan waktu pelapisan 15 menit sebesar 2074,5 VHN. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada kondisi konsentrasi larutan yang sama dengan waktu pelapisan yang bervariasi didapatkan ketebalan lapisan dan kekerasan permukaan yang terus meningkat. Sedangkan pada kondisi waktu pelapisan yang sama dengan konsentrasi larutan yang bervariasi didapatkan ketebalan lapisan yang fluktuatif tetapi kekerasan permukaan tetap terus meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: elektroplating, konsentrasi larutan, waktu, ketebalan lapisan, kekerasan permukaan.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Nov 2017 17:49
Last Modified: 20 Nov 2017 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27618

Actions (login required)

View Item View Item