PENGARUH VARIASI MEDIA QUENCHING TERHADAP NILAI KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO HASIL REMELTING ALUMINIUM PADUAN BERBASIS LIMBAH PISTON


Dhimas Ilka Wahyu Wibowo , 5201412049 (2016) PENGARUH VARIASI MEDIA QUENCHING TERHADAP NILAI KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO HASIL REMELTING ALUMINIUM PADUAN BERBASIS LIMBAH PISTON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201412049.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Industri dalam bidang pengecoran banyak sekali menggunakan aluminium sebagai material pengecoran karena memiliki sifat yang ringan, dapat dibentuk dengan baik dan memiliki ketahanan terhadap korosi yang sangat tinggi tetapi dalam kehidupan sehari-hari banyak faktor yang menyebabkan daya guna material ini menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kekerasan variasi media quenching menggunakan air, air dromus, quenching oil dan non-quenching pada hasil remelting aluminium paduan berbasis limbah piston, serta untuk mengetahui struktur mikro variasi media quenching menggunakan air, air dromus, quenching oil pada hasil remelting aluminium paduan berbasis limbah piston. Pada penelitian ini desain yang digunakan adalah desain penelitian eksperimen One Shot Case Study karena dalam penelitain ini hasil remelting aluminium paduan berbasis limbah piston akan diberi perlakuan media pedingin yang bervariasi menggunakan air, air dromus dan quenching oil dan akan diobservasi hasilnya untuk dijadikan sebagai referensi dalam perhitungan laju pendinginan dan kemudian akan diteliti struktur mikro dan nilai pengujian kekerasan yang dihasilkan. Metode analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini akan disajikan secara deskriptif, dimana data yang berbentuk angka akan dimasukkan ke dalam tabel dan divisualisasikan ke dalam grafik untuk kemudian dipaparkan dan dideskripsikan. Hasil nilai kekerasan yang dimiliki spesimen hasil quenching media air lebih tinggi daripada spesimen hasil quenching media quenching oil, hasil quenching media air dromus dan raw material. Pembentukan kristal Al terhadap kristal Si yang dimiliki spesimen air lebih cepat daripada spesimen lainnya. Hal ini disebabkan karena perbedaan laju pendinginan pada setiap kelompok perlakuan spesimen. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin cepat laju pendinginan maka semakin keras nilai kekerasannya dan semakin baik pembentukan kristal Al terhadap kristal Si.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aluminium paduan, remelting, quenching, kekerasan, struktur mikro.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Nov 2017 17:33
Last Modified: 20 Nov 2017 17:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27617

Actions (login required)

View Item View Item