PENDIDIKAN KARAKTER PADA KELUARGA NELAYAN DI PESISIR PANTAI PASIR INDAH KABUPATEN KEBUMEN
Priyo Setiawan , 3301412126 (2016) PENDIDIKAN KARAKTER PADA KELUARGA NELAYAN DI PESISIR PANTAI PASIR INDAH KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (889kB) | Preview |
Abstract
Dunia pendidikan saat ini tengah digencarkan pendidikan karakter untuk mendukung terciptannya generasi muda yang cerdas dan berkarakter. Pendidikan karakter tidaklah cukup dilakukan dalam pendidikan formal saja. Peran keluarga dalam dunia Pendidikan karakter diharapkan mampu menjadi kunci sukses terciptanya generasi muda yang memiliki kecerdasan akademik dan kepribadian baik. Dalam pendidikan karakter diajarkan nilai-nilai luhur yang baik untuk bekal anak di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai karakter dan metode pendidikan karakter serta faktor apa saja yang menghambat terbentuknya karakter anak-anak nelayan di pesisir pantai Pasir Indah Kabupaten Kebumen. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif naratif. Objek dalam penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang keluarga nelayan ajarkan pada anak-anakya dan metode yang digunakan dalam pendidikan karakter pada keluarga nelayan Desa Pasir. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, nelayan dan anak nelayan yang seluruhnya berjumlah 7 orang. Metode pengumpulan data berupa: metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif interaktif. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah bahwa orang tua dalam keluarga nelayan di Desa Pasir telah mendidik anak-anaknya sejak dini. Dalam pendidikan karakter pada keluarga nelayan terdapat empat nilai karakter yang menonjol yakni nilai religius, nilai kejujuran, nilai kedisiplinan dan nilai kemandirian. Dalam proses pendidikan dan pembelajaran keempat nilai karakter tersebut orang tua keluarga nelayan mengunakan metode keteladanan dan pembiasaan. Selain itu juga terdapat faktor yang menghambat pendidikan karakter pada keluarga nelayan. Faktor internal yang dapat menghambat pendidikan karakter adalah latar belakang tingkat pendidikan dan perekonomian keluarga serta terbatasnya waktu berkumpul keluarga. Faktor eksternal yang dapat menghambat pendidikan karakter adalah lingkungan pergaulan anak dan pengaruh tekhnologi. Saran, orang tua dalam keluarga nelayan harus mampu membagi waktu untuk keluarga agar pendidikan karakter anak dapat berjalan secara penuh dan utuh. Selain itu orang tua keluarga nelayan juga harus selalu mengontrol dan membatasi pergaulan anak meski di tengah kesibukannya sebagai nelayan. Sehingga nantinya anak tidak akan terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keluarga, Nelayan, Pendidikan Karakter. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 20 Nov 2017 12:32 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 12:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27608 |
Actions (login required)
View Item |