PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS QUIPPER SCHOOL DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP N 2 KUDUS


Wifki Ananta , 3301412120 (2016) PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS QUIPPER SCHOOL DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP N 2 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412120.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perencanaan pembuatan media pembelajaran interaktif Quipper School di SMP N 2 Kudus. (2) mengetahui pelaksanaan penerapan media pembelajaran Quipper School yang dapat membentuk kemandirian belajar siswa. (3) mengetahui keberhasilan penerapan media pembelajaran interaktif Quipper School dalam membentuk kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP N 2 Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di SMP N 2 Kudus. Nara sumber dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa SMP N 2 Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis verifikatif kualitatif yang dilakukan secara bersama-sama. Analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Proses analisis data dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) perencanaan media interaktif Quipper School dilakukan dengan menyiapkan perangkat pembelajaran secara sistematis oleh guru PPKn. (2) penerapan media interaktif Quipper School berupa tambahan belajar dan mengadakan evaluasi bersifat online oleh guru dan siswa. (3) penerapan media interaktif Quipper School mampu membentuk kemandirian belajar siswa menjadi lebih tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dengan terpenuhinya delapan kriteria kegiatan belajar mandiri dan meningkatnya motif belajar siswa. Faktor pendukung keberhasilan penerapan Quipper School yaitu tersedianya perangkat teknologi komunikasi yang menunjang proses pembelajaran, efisien, membuat siswa merasa senang, penyajian materi yang menarik, komunikatif, penguasaan teknologi informasi yang baik, serta inovasi mengajar guru. Faktor penghambat keberhasilan penerapan Quipper School yaitu biaya internet seluler yang masih mahal, dan kualitas jaringan internet yang tidak stabil di beberapa daerah. Saran dari peneliti adalah sebagai berikut: guru senantiasa berinovasi dalam pembelajaran melalui Quipper School demi peningkatan kualitas pembelajaran, serta siswa senantiasa mengelola dan meningkatkan cara, motif, dan kemandirian belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Quipper School, Kemandirian Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2017 12:29
Last Modified: 20 Nov 2017 12:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27607

Actions (login required)

View Item View Item