Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Media Gambar Karikatur melalui Teknik Pancingan Kata Kunci Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 13 Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009.

Yuliyanto, 2101404568 (2009) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Media Gambar Karikatur melalui Teknik Pancingan Kata Kunci Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 13 Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Media Gambar Karikatur melalui Teknik Pancingan Kata Kunci Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 13 Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009.) - Updated Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu keterampilan bidang apresiasi sastra yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Di dalam kurikulum bahasa Indonesia, kompetensi ini menunjukkan bahwa penguasaan terhadap keterampilan menulis puisi sangat penting dan sangat diperlukan. Penerapan metode pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pengajar, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan observasi awal, keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 13 Semarang masih kurang dan belum mencapai nilai standar yang diterapkan oleh sekolah tersebut. Siswa mengalami kesulitan menuangkan pikiran dan perasaannya dalam bentuk puisi. Dengan penggunaan media gambar karikatur melalui teknik pancingan kata kunci diharapkan mampu mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dan kemampuan manulis puisi dapat ditingkatkan. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu mengenai peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 13 Semarang dan perubahan perilaku setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar karikatur melalui teknik pancingan kata kunci. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media gambar karikatur melalui teknik pancingan kata kunci dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar karikatur melalui teknik pancingan kata kunci. Manfaat penelitian ini adalah memberikan referensi baru bagi pengembangan teori pembelajaran bahasa, khususnya pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar karikatur melalui teknik pancingan kata kunci. Bagi guru, penelitian ini dapat meningkatkan proses belajar mengajar. Dan bagi siswa, mempermudah dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 13 Semarang. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media gambar karikatur melalui teknik pancingan kata kunci, siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. Keterampilan menulis puisi dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 11,57%. Rata-rata skor pada siklus I mencapai 71, sedangkan rata-rata skor pada siklus II mencapai 80,29, termasuk dalam kategori baik dan sudah memenuhi target penilaian yang ditentukan. Perubahan perilaku diperoleh dari hasil nontes yang berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Persentase peningkatan perubahan perilaku siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 33,33%. Rata-rata skor dari hasil observasi pada siklus I mencapai 64, sedangkan rata-rata skor pada siklus II mencapai 84. hal ini menunjukkan bahwa perilaku siswa berubah ke arah positif Simpulan penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII F SMP Negeri 13 Semarang meningkat setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media gambar karikatur melalui teknik pancingan kata kunci dan terjadi perubahan perilaku siswa ke arah positif. Peneliti menyarankan agar siswa banyak berlatih menulis puisi dengan metode pembelajaran yang diajarkan oleh guru bahasa Indonesia. Guru hendaknya menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi, media gambar karikatur melalui teknik pancingan kata kunci dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis kreatif puisi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: menulis puisi, media gambar karikatur, teknik pancingan kata kunci
    Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 24 Mar 2011 23:57
    Last Modified: 24 Mar 2011 23:57

    Actions (login required)

    View Item