PENANAMAN NILAI DEMOKRASI DALAM MATA PELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 UNGARAN


Zuliya Loka Sari , 3301412081 (2016) PENANAMAN NILAI DEMOKRASI DALAM MATA PELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (444kB) | Preview

Abstract

Sikap demokrasi perlu dimiliki oleh setiap warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Demokrasi yang baik dan benar harus ditanamkan sejak dini, hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman masyarakat mengenai demokrasi. Cara yang paling efektif dan efisien untuk menanamkan nilai-nilai demokrasi pada masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah melalui pendidikan. Melalui pendidikan, nilai demokrasi dapat ditanamkan kepada peserta didik. Di sekolah, Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang bertujuan mengembangkan dan menanamkan nilai luhur budaya bangsa Indonesia yang diharapkan dapat diwujudkan dan dilaksanakan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Dari latar belakang tersebut maka dalam penelitian ini penulis merumuskan permasalahan yaitu (1) Bagaimana penanaman nilai demokrasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran?, (2) Faktor-faktor apakah yang menghambat dalam menanamkan nilai demokrasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Ungaran. Fokus penelitian adalah (1) Penanaman nilai demokrasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran, (2) faktor-faktor yang menghambat dalam penanaman nilai demokrasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi teknik pengeumpulan data. Teknik analsisi data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai demokrasi yang ditanamkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran adalah nilai toleransi, menghargai perbedaan pendapat, memahami dan menghargai keanekaragaman masyarakat, terbuka dan menjunjung tinggi nilai-nilai dan martabat manusia, pengendalian diri, kemanusiaan dan kebersamaan, kepercayaan diri, dan ketaatan pada peraturan yang berlaku. Penanaman nilai demokrasi dalam mata pelajaran PKn menggunakan metode tanya jawab dan metode siswa aktif. Dalam metodemetode tersebut dapat meningkatkan sikap demokratis siswa, diantaranya yaitu meningkatkan sikap percaya diri, meningkatkan rasa saling menghargai, menghormati perbedaan pendapat, dan sikap berani mengeluarkan pendapat. selain itu, dengan menggunakan metode siswa aktif dan tanya jawab, keadaan kelas menjadi lebih hidup dengan berbagai pendapat dari siswa dan tidak membosankan. (2) Hambatan dalam menanamkan nilai demokrasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran adalah kurangnya rasa percaya diri pada siswa, kurangnya rasa perhatian siswa dalam proses pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana, serta keterbatasan waktu. Kurangnya rasa percaya diri pada siswa karena masih ada beberapa siswa yang malu-malu dan ragu untuk mengemukakan pendapat mereka, sehingga cenderung lebih diam pasif tidak mau berpendapat. Kurangnya rasa perhatian siswa dalam proses pembelajaran karena masih ada beberapa siswa yang berbicara sendiri dan mengantuk sehingga konsentrasinya berkurang dan tidak memperhatikan apa yang telah disampaikan oleh guru. Kurangnya sarana dan prasarana karena metode penyampaian materi masih manual sehingga siswa merasa bosan dan mengantuk. Keterbatasan waktu, alokasi waktu jam pelajaran PKn yang hanya 2jam pelajaran dalam seminggu dirasanya masih kurang. Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah (1) Kepada pihak sekolah SMP Negeri 2 Ungaran, diharapkan mampu meningkatkan sarana dan prasarana misal ketersediaan alat proyektor (LCD) yang memadahi untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif, menarik, dan tidak membosankan. (2) Kepada guru SMP Negeri 2 Ungaran, hendaknya mencari metode-metode kreatif lainnya saat pembelajaran, hal ini dilakukan supaya siswa lebih tertarik dan tidak merasa bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai, Demokrasi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2017 13:47
Last Modified: 22 May 2018 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27587

Actions (login required)

View Item View Item