PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER MATERI UNSUR-UNSUR NKRI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANDUDONGKAL


Khalimah , 3301412074 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER MATERI UNSUR-UNSUR NKRI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANDUDONGKAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412074.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (767kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran yang diterapkan pada umumnya adalah metode pembelajaran yang berpusat pada guru. Artinya, peserta didik hanya dijadikan sebagai objek pembelajaran di mana guru lebih banyak berbicara dan bercerita dalam menyampaikan materi pelajaran. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah Numbered Heads Together. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Randudongkal, dan 2) untuk mengetahui dampak positif penerapan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar PPKn pada materi Unsur-unsur NKRI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Randudongkal, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model NHT. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain, metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan SPSS 16. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji Paired Sample Test, diperoleh nilai t = 2.681 dengan Sig. (2 tailed) 0.011 lebih kecil dari taraf signifikan (α) = 0,05 maka Ho ditolak. Artinya ada dampak positif penggunaan model NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VIII B, yaitu dimana rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum perlakuan sebesar 74.72 meningkat menjadi 79.45 setelah diberi perlakuan menggunakan model NHT. Hasil deskriptif penilaian sikap siswa (afektif) dan presentasi (psikomotorik) menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan aktivitas belajar. Simpulan yang diperoleh adalah ada dampak positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Randudongkal. Berdasarkan kesimpulan tersebut, saran yang diajukan adalah: 1) model pembelajaran Numbered Heads Together dapat diterapkan pada materi unsur-unsur NKRI mata pelajaran PPKn. Hal ini sesuai dengan peneliti yang berhasil menerapkan model Numbered Heads Together. 2) dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together sebelum pembagian kelompok harus dijelaskan aturan berdiskusi agar diskusi dapat berjalan lancar dengan mempertimbangkan pengalokasian waktu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model NHT, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2017 13:43
Last Modified: 17 Nov 2017 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27586

Actions (login required)

View Item View Item