KONTRIBUSI KELENGKAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH TERHADAP SIKAP KERJA SISWA PADA PRAKTIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 CILACAP


Soni Ramadhan , 5201412028 (2016) KONTRIBUSI KELENGKAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH TERHADAP SIKAP KERJA SISWA PADA PRAKTIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201412028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui seberapa besar tingkat kelengkapan K3, kemampuan penyelesaian masalah dan sikap kerja siswa pada praktk pemesinan SMK N 2 Cilacap. Mengetahui kontribusi kelengkapan K3 terhadap sikap kerja, kontribusi kemam puan penyelesaian masalah terhadap sikap kerja di praktik pemesinan SMK N 2 Cilacap. Mengetahui adanya kontribusi Kelengkapan K3 dan kemampuan menyelesaikan masalah secara bersama-sama terhadap sikap kerja siswa pada praktik pemesinan SMK N 2 Cilacap Metode penelitian ini adalah penelitian survey eksplanatory atau confirmatory. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK N 2 Cilacap jurusan teknik pemesinan kelas XI dan XII sebanyak 183 siswa. Sampel yang diambil adalah sebanyak 125 siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket. Teknik analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi linier tunggal serta ganda Hasil penelitian kelengkapan K3 di SMK N 2 Cilacap dalam kategori lengkap, kemampuan penyelesaian masalah siswa dalam kriteria baik, sikap kerja siswa pada praktik pemesinan dalam dikategorikan baik. Hasil penelitian juga mendapatkan bahwa kontribusi kelengkapan K3 terhadap sikap kerja siswa sangat tinggi, kontribusi kemampuan penyelesaian masalah terhadap sikap kerja juga sangat tinggi dan kontribusi kelengkapan K3 dan kemampuan penyelesaian masalah terhadap sikap kerja secara bersama-sama sangat tinggi. Hal ini dikarenakan manajemen sekolah, kemampuan siswa dalam mengidentifikasi masalah, dan sikap disiplin siswa yang sangat baik. Saran untuk penelitian ini adalah bagi guru harus terus mengajarkan dan menerapakan budaya K3 di sekolah. Sarana dan prasarana di SMK N 2 Cilacap perlu dipertahankan dan dirawat dengan baik agar bisa dipergunakan dengan semestinya. Perlu adanya penelitian lebih lanjut yang membahas tentang K3 di sekolah, kemampuan penyelesaian masalah dan sikap kerja siswa di dunia pendidikan teknik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sekolah, kelengkapan , K3, masalah, sikap, siswa
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 16 Nov 2017 20:14
Last Modified: 16 Nov 2017 20:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27581

Actions (login required)

View Item View Item