PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC DI DARAT DAN DI DALAM AIR TERHADAP HASIL VERTICAL JUMP PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET PUTRA SMA N 2 BREBES TAHUN 2016


Rifqi Abdul Hafid , 6211412119 (2016) PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC DI DARAT DAN DI DALAM AIR TERHADAP HASIL VERTICAL JUMP PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET PUTRA SMA N 2 BREBES TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211412119.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Plyometric merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan tinggi lompatan. Penelitian baru-baru ini mengembangkan latihan aqua-plyometric (plyometric di dalam air). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara latihan plyometric di darat dan di dalam air terhadap hasil vertical Jump. Jenis penelitian dalam penelitian ini pre experimen dengan menggunakan pre-test and pos-test design. Populasi penelitian adalah peserta ekstrakurikuler bolabasket putra SMA N 2 Brebes 2016 dengan sampel 10 orang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen. Variabel bebas adalah latihan plyometric di darat dan di dalam air, sedangkan variabel terikat adalah vertical Jump. Latihan diberikan 14 kali pertemuan, tiga kali setiap minggunya. Hasil analisis perbedaan pre-test dan post-test kedua kelompok eskperimen memiliki nilai signifikan yang sama sebesar 0,003. Dengan α = 0,05 maka 0,003 < α maka hasil pre-test dan post-test kedua kelompok memiliki perbedaan yang signifikan. Sedangkan perbedaan post-test antara kelompok eksperimen satu dan dua memiliki nilai signifikan 0,890. Karena 0,890 > 0,05 maka hasil post-test kedua kelompok eksperimen tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Plyometric di darat dan di air keduanya sama berhasil meningkatkan vertical Jump. Walaupun tidak ada perbedaan signifikan dari hasil post-test kedua kelompok eksperimen, peneliti menyarankan untuk latihan menggunakan plyometric di dalam air karena memiliki resiko cidera yang kecil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: plyometric, aqua-plyometric, vertical Jump, bolabasket
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 16 Nov 2017 18:55
Last Modified: 16 Nov 2017 18:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27570

Actions (login required)

View Item View Item