PENANAMAN KETERAMPILAN KEWARGANEGARAAN MELALUI ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMA NEGERI I GONDANG, SRAGEN


Anis Dwi Rahmawati , 3301412053 (2016) PENANAMAN KETERAMPILAN KEWARGANEGARAAN MELALUI ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMA NEGERI I GONDANG, SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (487kB) | Preview

Abstract

Keterampilan kewarganegaraan (civic skills) adalah keterampilan yang dikembangkan dari pengetahuan kewarganegaraan agar pengetahuan yang diperoleh menjadi sesuatu yang bermakna karena dapat dimanfaatkan dalam menghadapi masalah-masalah dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. OSIS merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan, dilapangan keterampilan kewarganegaraan ini belum banyak dikembangkan, pengembangannya bisa dilakukan dimana-mana. Guna menunjang peranan pengurus OSIS maka pengurus OSIS perlu dibekali pengetahuan tentang keterampilan kewarganegaraan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Jenis keterampilan kewarganegaraan yang ditanamkan melalui OSIS di SMA Negeri I Gondang, Sragen 2) Strategi penanaman keterampilan kewarganegaraan dalam kegiatan OSIS di SMA Negeri I Gondang, Sragen 3) Kendala yang dihadapi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam penanaman keterampilan kewarganegaraan di SMA Negeri I Gondang, Sragen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu keterampilan kewarganegaraan yang ditanamkan melalui OSIS, cara penanamannya dan kendala yang dihadapi dalam penanaman keterampilan kewarganegaraan. Sumber data diperoleh dari informan, peristiwa, dan dokumen. Data dijaring dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dengan interaktif melalui langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Jenis keterampilan kewarganegaraan yang ditanamkan melalui kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Gondang meliputi: a) menampilkan semangat kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara b) menampilkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum atau peraturan yang berlaku c) menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari d) menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara e) menampilkan sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, (2) strategi penanamannya melalui kegiatan: a) upacara bendera serta lomba-lomba untuk memeriahkan peringatan HUT RI b) razia HP dan razia atribut sekolah c) pemilihan ketua OSIS d) diklat yang dilakukan oleh OSIS SMA Negeri 1 Gondang e) kemah bakti sosial, donor darah dan persami (perkemahan sabtu minggu); (3) kendalanya meliputi masalah waktu dan pendanaan kurang memadai. Saran yang diberikan penulis adalah: (1) Kepada pihak sekolah hendaknya memperbaiki sarana dan prasarana yang ada dan melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti memperluas ruangan OSIS SMA Negeri 1 Gondang dan melengkapinya dengan komputer dan printer untuk menunjang kinerja pengurus OSIS (2) Kepada pihak Pembina OSIS hendaknya melakukan perencanaan yang matang dalam setiap program kerja yang dilakukan oleh OSIS dan dimusyawarahkan supaya dapat mengkolaborasikan keterampilan kewarganegaraan dalam setiap program kerja yang dilakukan oleh OSIS sehingga 10 indikator keterampilan kewarganegaraan tersebut dapat tertanamkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Keterampilan Kewarganegaraan (Civic Skills), Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Citizenship
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2017 18:45
Last Modified: 16 Nov 2017 18:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27568

Actions (login required)

View Item View Item