PENYUSUNAN NORMA TES KETERAMPILAN PENCAKSILAT TERHADAP GERAKAN TENDANGAN BAGI ATLET PEMULA KATEGORI REMAJA di PUSAT PEMBINAAN LATIHAN PELAJAR JAWA TENGAH


Adha Masruri , 6211412084 (2016) PENYUSUNAN NORMA TES KETERAMPILAN PENCAKSILAT TERHADAP GERAKAN TENDANGAN BAGI ATLET PEMULA KATEGORI REMAJA di PUSAT PEMBINAAN LATIHAN PELAJAR JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211412084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pertandingan Pekan Olahraga Daerah (POPDA) ditingkat paling bawah yaitu tingkat kecamatan beberapa atlet kategori remaja pada saat bertanding melakukan serangan dengan gerakan tendangan tidak mengenai sasaran pada area point yaitu pada bagian togok sampai diatas kemaluan dan disamping yaitu tulang rusuk, oleh karena itu gerakan tendangan sangat penting pada pertandingan dan harus ada standarnya gerakan tendangan tersebut.. Tujuannya untuk menyusun norma tes keterampilan pencak silat terhadap gerakan tendangan bagi atlet pemula. Metode penelitian metode survey dengan tes. Populasi penelitian ini atlet pencak silat PPLP JATENG. Teknik sampling purposive sampling. Jumlah sampel 6 atlet putra dan 4 atlet putri.Analisis data yang digunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian tes kecepatan tendangan putra kategori baik dan putri baik. Tes kelincahan tendangan putra cukup dan putri baik. Tes koordinasi putra serangan tangan cukup, serangan kaki cukup. Tes koordinasi putri serangan tangan baik, serangan kaki cukup. Kesimpulan dari penelitian ini, tes kecepatan tendangan putra dan putri kategori baik, tes kelincahan tendangan putra kategori cukup dan putri kategori baik dan tes koordinasi serangan kaki dan serangan tangan kategori cukup. Untuk itu hasil penyusunan norma dapat di gunakan juga pada atlet pemula yang ada di Jawa Tengah khususnya kategori remaja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Norma, Tes Keterampilan, Gerakan Dasar Tendangan.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 16 Nov 2017 18:37
Last Modified: 16 Nov 2017 18:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27566

Actions (login required)

View Item View Item