NILAI IMPACT DAN X-RAY DIFRACTION PADA PROSES QUENCHING DENGAN VARIASI MEDIA PENDINGIN BERBASIS BAHAN REMELTING ALUMINIUM PADUAN LIMBAH PISTON


Dechi Handayani , 5201412026 (2016) NILAI IMPACT DAN X-RAY DIFRACTION PADA PROSES QUENCHING DENGAN VARIASI MEDIA PENDINGIN BERBASIS BAHAN REMELTING ALUMINIUM PADUAN LIMBAH PISTON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201412026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perlakuan quenching dengan variasi media pendingin berpengaruh terhadap nilai kekuatan impact dan ukuran kristal serta persentase fasa intermetalik yang terkandung didalam hasil remelting aluminium paduan berbasis limbah piston. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan quenching dengan menggunakan variasi media pendingin terhadap nilai kekuatan impact dan ukuran kristal serta persentase senyawa fasa berdasarkan analisis hasil X-Ray Difraction pada hasil remelting aluminium paduan berbasis limbah piston. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen One shot Case Study, yaitu bertujuan untuk mengetahui sebab akibat berdasarkan perlakuan yang diberikan pada saat penelitian. Pada penelitian ini, perlakuan yang diberikan adalah perlakuan quenching dengan variasi media pendingin air ( , air dromus, oli quenching dan non-quenching sebagai raw material pada proses remelting limbah piston. Setelah proses quenching, selanjutnya dilakukan pengujian kekuatan impact dan pengujian XRD untuk analisa ukuran butir kristal dan persentase senyawa fasa pada masing-masing spesimen. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan nilai kekuatan impact aluminium remelting tinggi dengan media pendingin oli quenching (0,0158 Joule/m ), air dromus (0,0108 Joule/m ) dan air (0,0081 Joule/m . Ukuran butir kristal fasa AlSi oli quenchingsebesar 38,23 nm dengan persentase fasa intermetaliknya sebanyak 5,9%, air dromus sebesar 42,19nm dengan persentase fasa intermetaliknya sebanyak 17,2% dan air sebesar 61,54 nm dengan persentase fasa intermetaliknya 24,2%.Jadi dapat disimpulkan spesimen oli quenching memiliki nilai kekuatan impact tinggi, hal ini karena oli quenching memberika laju pendinginan yang lambat sehingga persentase fasa intermetalik yang hadir sedikit dan ukuran ristal AlSi yang dihasilkan kecil (halus/padat).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Remelting, quenching, nilai impact, X-Ray Difraction
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 16 Nov 2017 18:07
Last Modified: 16 Nov 2017 18:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27563

Actions (login required)

View Item View Item