KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESSMENT SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMAHAMAN MATERI SISTEM PENERANGAN MOBIL


Miftahudin , 5201411086 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESSMENT SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMAHAMAN MATERI SISTEM PENERANGAN MOBIL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201411086.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pemebelajaran ini adalah siswa mempunyai kemampuan memahami materi sistem penerangan. Kurangnya keaktifan siswa pada pembelajaran dan kesempatan yang diberikan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman siswa menjadi kendala untuk mencapai tujuan tersebut. Penggunaan model pembelajaran ARIAS dapat menumbuhkan keaktifan siswa untuk mengkonstruk pengetahuan dan mengembangkan kemampuanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pemebelajaran ARIAS dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pemahaman materi sistem penerangan mobil yang ditunjukan dengan hasil tes yang dilakukan dengan model ARIAS mencapai ketuntasan sebesar ≥ 75% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 75. Hasil tes rata-rata pemahaman siswa pada model ARIAS lebih dari rata-rata hasil tes dengan model ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TOKR SMK PALAPA Semarang tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, terpilih kelas XI TOKR 3 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran ARIAS dan kelas XI TOKR 4 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Data kemampuan siswa diperoleh dengan metode tes dan analisis data dengan menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan rata-rata. Hasil analisis menunjukan bahwa siswa pada model pembelejaran ARIAS telah mencapai ketuntasan sebesar ≥ 75% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 serta rata-rata hasil tes kemampuan siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pemahaman materi sistem penerangan mobil di kelas XI TOKR. Pembelajaran dengan model ARIAS dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari materi sistem penerangan di SMK PALAPA Semaranag. Penggunaan benda-benda di lingkungan sekitar sebagai alat peraga agar pembelajaran menjadi lebih bersifat kontekstual perlu ditingkatkan untuk membantu siswa memahami konsep. Pemahaman konsep yang matang diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memecahkan permasalahan yang muncul. Pengelolaan kelas harus diperhatikan pada saat pelaksanaan model pemebelajaran ARIAS, terlebih pada saat berdiskusi agar tidak banyak waktu yang terbuang dan tidak menimbulkan kegaduhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, model pembelajaran ARIAS
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 16 Nov 2017 16:10
Last Modified: 16 Nov 2017 16:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27556

Actions (login required)

View Item View Item