IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROGRAM PRODUKTIF MENGACU KURIKULUM 2013 PADA KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 ADIWERNA DAN SMK NEGERI 3 TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016


Rhiskianto , 5201411084 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROGRAM PRODUKTIF MENGACU KURIKULUM 2013 PADA KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 ADIWERNA DAN SMK NEGERI 3 TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201411084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pembelajaran produktif mengacu Kurikulum 2013 yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada paket keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Adiwerna dan SMK Negeri 3 Tegal Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sasaran pelaksanaan penelitian adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru produktif, dan siswa teknik kendaraan ringan (TKR) yang terlibat langsung dalam pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 1 Adiwerna dan SMK Negeri 3 Tegal. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan pengujian. Untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferability, confirmability. Hasil penelitian ini adalah bahwa implementasi perencanaan pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013 seperti menyusun RPP dan penyediaan media pembelajaran di SMK Negeri 1 Adiwerna sudah berjalan, namun belum dikatakan baik karena dalam penyusunan RPP masih mengacu pada format peraturan yang lama, yaitu Permendikbud No. 81A Tahun 2013. Sedangkan di SMK Negeri 3 Tegal para guru sebagian besar belum melaksanakan, dikarenakan belum mendapatkan pelatihan tentang perencanaan pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013. Untuk implementasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik diketahui di SMK Negeri 1 Adiwerna sebagian besar guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, sedangkan di SMK Negeri 3 Tegal sebagian besar guru masih berfokus pada guru. Untuk implementasi evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian autentik mencakup penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan diketahui di SMK Negeri 1 Adiwerna para guru sudah melaksanakan dengan baik, guru mendapat nilai sikap dari observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Mendapatkan nilai pengetahuan dari nilai tugas dan tes tertulis, dan untuk mendapat nilai keterampilan dari nilai praktik dan proyek. Begitu juga di SMK Negeri 3 Tegal, para guru sudah melaksanakan penilaian menggunakan penilaian autentik. Guru mendapatkan nilai sikap menggunakan observasi, mendapatkan nilai pengetahuan dari tugas dan tes tertulis, dan untuk mendapatkan nilai keterampilan para guru menggunakan tes praktik dan proyek. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah diharapkan pemerintah atau sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 senantiasa memberikan pengawalan secara tersistem dan berlanjut terus menerus, seperti pelatihan mengenai kurikulum ataupun pelatihan yang lainya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum 2013, Produktif, TKR
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 16 Nov 2017 16:10
Last Modified: 16 Nov 2017 16:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27554

Actions (login required)

View Item View Item