PENGARUH WAKTU PENGAPIAN (IGNITION TIMING) TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR DENGAN BAHAN BAKAR PREMIUM, PERTALITE DAN PERTAMAX PLUS


Ahmad Muhajir , 5201411073 (2016) PENGARUH WAKTU PENGAPIAN (IGNITION TIMING) TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR DENGAN BAHAN BAKAR PREMIUM, PERTALITE DAN PERTAMAX PLUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201411073.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor yang divariasi pada waktu pengapian 10º sebelum TMA dan 13º sebelum TMA yang menggunakan tiga jenis bahan bakar yaitu premium, pertalite dan pertamax plus. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dilakukan pada sepeda motor Yamaha Jupiter MX 135. Data hasil penelitian dianalisa dengan cara mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk grafik dan tabel. Pada pengujian ini digunakan alat dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan, sedangkan untuk pengujian laju konsumsi bahan bakar menggunakan alat buret ukur, kemudian dilakukan perhitungan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh dua variasi waktu pengapian dan tiga jeni bahan bakar. Untuk daya maksimum dihasilkan pada waktu pengapian 10º sebelum TMA menggunakan pertalite sebesar 7,58 KW dan torsi maksimum sebesar 11,33 Nm. Sedangkan daya terendah dihasilkan pada waktu pengapian 10º sebelum TMA menggunakan pertamax plus sebesar 1,75 KW dan torsi terendah sebesar 6,65 Nm. Untuk konsumsi bahan bakar tertinggi dihasilkan pada waktu pengapian 13º sebelum TMA menggunakan premium sebesar 1,02 kg/jam sedangkan konsumsi bahan bakar terendah dihasilkan oleh waktu pengapian 10º sebelum TMA menggunakan pertalite sebesar 0,18 kg/jam. Kesimpulan yang didapat bahwa daya dan torsi pada waktu pengapian 10º sebelum TMA yang menggunakan bahan bakar pertalite lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan bahan bakar pertamax plus dan premium. Sedangkan pada waktu pengapian 13º sebelum TMA yang menggunakan bahan bakar pertalite menghasilkan daya dan torsi lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan bahan bakar pertamax plus dan premium. Waktu pengapian 10º sebelum TMA konsumsi bahan bakarnya lebih rendah dibandingkan dengan waktu pengapian 13º sebelum TMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Waktu Pengapian, Bahan Bakar, Daya dan Torsi
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 16 Nov 2017 15:11
Last Modified: 16 Nov 2017 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27549

Actions (login required)

View Item View Item