PENGARUH PENGGUNAAN BUSI STANDAR, BUSI RACING, DAN BUSI IRIDIUM TERHADAP KINERJA MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH 110CC PADA BERBAGAI TEKANAN KOMPRESI
Hendrik Kurniawan , 5201411067 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN BUSI STANDAR, BUSI RACING, DAN BUSI IRIDIUM TERHADAP KINERJA MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH 110CC PADA BERBAGAI TEKANAN KOMPRESI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan sepeda motor 4 langkah 110cc yang menggunakan busi standar, busi racing dan busi iridium dengan variasi tekanan kompresi 13 kg/cm2, 13,7 kg/cm2, dan 14,1 kg/cm2. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen yang dilakukan pada sepeda motor Jupiter Z. Data hasil penelitian dianalisa dengan cara mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk grafik dan tabel kemudian dilakukan uji-t untuk mengetahui perbedaannya dan uji regresi untuk mengetahui pengaruhnya. Pada pegujian ini digunakan alat dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan, sedangkan untuk pengujian laju konsumsi bahan bakar menggunakan alat buret ukur, kemudian dilakukan perhitungan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukan pengaruh kinerja mesin yang menggunakan tiga jenis busi dan tiga variasi tekanan kompresi. Untuk daya terbesar dihasilkan busi racing dan busi iridium pada tekanan kompresi 14,1 kg/cm2 sebesar 9,6 PS dan torsi terbesar dihasilkan pada tekanan kompresi 13 kg/cm2 busi racing sebesar 9,4 Nm. Sedangkan daya terendah dihasilkan busi racing pada tekanan kompresi 14,1 kg/cm2 sebesar 4,2 PS dan torsi terendah dihasilkan busi iridium pada tekanan kompresi 13,7 kg/cm2 sebesar 7,2 Nm. Untuk konsumsi bahan bakar terendah dihasilkan busi racing pada tekanan kompresi 14,1 kg/cm2 sebesar 0,32 kg/jam dan tertinggi busi standar pada tekanan kompresi 13,7 kg/cm2 sebsar 1,02 kg/jam. Saran bagi pengguna sepeda motor Yamaha Jupiter Z untuk mendapatkan daya dan torsi maksimal bisa menaikkan tekanan kompresi hingga 14,1 kg/cm2 dan penggunaan busi iridium. Penggunaan busi racing disarankan untuk sepeda motor yang daya dan torsi puncaknya berada diputaran mesin atas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Busi, Kinerja, Tekanan Kompresi |
Subjects: | |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 16 Nov 2017 15:10 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 15:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27547 |
Actions (login required)
View Item |