PENGARUH HASIL PEMBELAJARAN MICRO TEACHING TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK SE-KOTA SEMARANG


Muhammad Mugnil Labib , 5201411065 (2016) PENGARUH HASIL PEMBELAJARAN MICRO TEACHING TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK SE-KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201411065.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pembelajaran micro teaching, pemahaman mahasiswa, ada tidaknya pengaruh yang signifikan dan besar pengaruh hasil pembelajaran micro teaching terhadap kompetensi mahasiswa PPL dalam implementasi kurikulum 2013 SMK Se-Kota Semarang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survey yang bersifat deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 20 mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif yang melaksanakan PPL di SMK Se-Kota Semarang periode 2015/2016 Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket atau kuesioner. Data hasil penelitian dianalisis dengan dua cara yaitu analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier. Dalam hal perhitungan untuk analisis data dilakukan dengan bantuan software. Software tersebut adalah Predictive Analytics Software Statistical Package For Social Science 18 (PASW SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil pembelajaran micro teaching yaitu 72,60. Rata-rata pemahaman kompetensi mahasiswa PPL adalah 82,20 % dan kompetensi yang paling menonjol dipahami oleh mahasiswa adalah kompetensi kepribadian yaitu dengan rata-rata 83,93 %. Pada analisis regresi linier diperoleh nilai Sig. 0,02 < , sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian pada perhitungan besar pengaruh diperoleh nilai koefisien korelasi adalah 0,516. r2 = 0,266, sehingga koefesien determinasi dalam penelitian ini adalah 26,6 %. Simpulan dari penelitian ini adalah nilai hasil pembelajaran micro teaching mahasiswa termasuk dalam kriteria baik, rata-rata pemahaman mahasiswa terhadap kompetensi mahasiswa PPL teramsuk dalam kriteria sangat memahami, kompetensi kepribadian merupakan kompetensi yang paling menonjol dipahami oleh mahasiswa, ada pengeruh yang signifikan hasil pembelajaran micro teaching terhadap kompetensi mahasiswa PPL dan besarnya persentase pengaruh dalam penelitian ini adalah 26,6%. Saran dalam penelitian ini adalah harapannya ada upaya yang lebih lagi untuk menaikkan kriteria dari baik ke lebih baik untuk nilai hasil pembelajaran micro teaching, kompetensi mahasiswa PPL yang belum menonjol harapannya bisa menjadi perhatian yang lebih agar hasil yang dicapai bisa lebih maksimal khusunya bagi Pusbang PPL serta dosen pengampu mata kuliah PPL, terbukti ada pengaruh yang signifikan sehingga bila pembelajaran micro teaching dilaksanakan secara maksimal maka akan didapat hasil yang maksimal terhadap kompetensi mahasiswa PPL. Selain itu berdasarkan hasil persentase diharapkan ada pengembangkan penelitian dengan model ini sebagai bentuk kreatifitas dan inovasi dalam menyempurnakan konsep mencari indikator menjadi guru berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil pembelajaran, micro teaching, kompetensi PPL.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 16 Nov 2017 14:56
Last Modified: 16 Nov 2017 14:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27546

Actions (login required)

View Item View Item