PERBEDAAN PERFORMA (DAYA, TORSI ,KONSUMSI BAHAN BAKAR) MENGGUNAKAN INJEKTOR STANDART DAN INJEKTOR RACING DENGAN BAHAN BAKAR PERTAMAX DAN PERTAMAX PLUS PADA SEPEDA MOTOR V-XION


Imam Murdianto , 5201411041 (2016) PERBEDAAN PERFORMA (DAYA, TORSI ,KONSUMSI BAHAN BAKAR) MENGGUNAKAN INJEKTOR STANDART DAN INJEKTOR RACING DENGAN BAHAN BAKAR PERTAMAX DAN PERTAMAX PLUS PADA SEPEDA MOTOR V-XION. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201411041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Perbedaan Performa (Daya, Torsi, dan Konsumsi Bahan Bakar) Menggunakan Injektor Standart dan Injektor Racing Dengan Bahan Bakar Pertamax dan Pertamax Plus Pada Sepeda Motor Yamaha V-Xion. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dilakukan pada sepeda motor Yamaha V-Xion 150 cc. Data hasil penelitian dianalisa dengan cara mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk grafik dan tabel. Pada pegujian ini digunakan alat dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan, sedangkan untuk pengujian laju konsumsi bahan bakar menggunakan alat buret ukur, kemudian dilakukan perhitungan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh variasi injektor dan dua jenis bahan bakar. Untuk daya maksimal dihasilkan pada variasi injektor standart yang menggunakan bahan bakar pertamax plus sebesar 11,61 kW dan torsi maksimal sebesar 12,98 Nm. Sedangkan daya terendah dihasilkan oleh pertamax dengan menggunakan injektor racing sebesar 2,26 kW dan torsi terendah sebesar 8,67 Nm. Untuk konsumsi bahan bakar terendah didapatkan pada penggunaan injektor standart berbahan bakar pertamax plus sebesar 0,12 kg/kW sedangkan konsumsi bahan bakar tertinggi dihasilkan oleh pertamax plus menggunakan injektor standart sebesar 1,28 kg/kW. Kesimpulan yang didapat untuk mendapatkan daya dan torsi terbesar dapat menggunakan variasi injektor dengan penggunaan bahan bakar dengan angka oktan yang tepat sesuai spesifikasi sepeda motor, sehingga disarankan pada pengguna sepeda motor Yamaha V-Xion 150 cc untuk mendapatkan daya dan torsi maksimal dilakukan dengan menggunakan sistem injeksi yang diikuti dengan pemakaian bahan bakar dengan nilai oktan yang tepat dalam hal ini yaitu menggunakan variasi injektor dengan menggunakan injektor standart bahan bakar pertamax plus. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar terendah bisa dilakukan dengan cara menggunakan sistem injeksi yang tepat dan penggunaan bahan bakar dengan angka oktan yang tinggi dalam hal ini yaitu penggunaan injektor racing berbahan bakar pertamax plus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Variasi Injektor, Bahan Bakar, Unjuk Kerja
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 16 Nov 2017 14:28
Last Modified: 16 Nov 2017 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27538

Actions (login required)

View Item View Item