STUDI KELAYAKKAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT UJI PERUBAHAN PROPERTIS UAP JENUH YANG MELALUI ORIFICE UNTUK PEMBELAJARAN TERMODINAMIKA


Pulih Pangestu , 5201411011 (2016) STUDI KELAYAKKAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT UJI PERUBAHAN PROPERTIS UAP JENUH YANG MELALUI ORIFICE UNTUK PEMBELAJARAN TERMODINAMIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201411011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan propertis uap jenuh sebelum dan setelah melewati media penghalang orifice,mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran dari sudut pandang ahli media dan ahli materi, danmengukur kelayakan media pembelajarantersebut dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R and D) dengan desain penelitian Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Bahan penelitian pengembangan adalah media pembelajaran perubahan propertis uap jenuh melalui orifice berupa alat peraga.Subyek penelitian adalah ahli media pembelajaran, ahli materi Termodinamika dan mahasiswa mata kuliah Termodinamika Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang menjadi penilai atas kelayakkan media pembelajaran yang dikembangkan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan eksperimental.Hasil validasi para ahli dan tanggapan mahasiswa dianalisis dengan teknik skala persentase dan dijabarkan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan propertis uap jenuh sebelum dan setelah melalui orifice. Persentase kelayakkan dari ahli media diperoleh 96% tergolong dalam kriteria sangat baik, dari ahli materi diperoleh 77,76% dan tergolong dalam kriteria baik, sedangkan dari penilaian mahasiswa diperoleh 76,5%, nilai ini termasuk dalam kriteria baik.media pembelajaran, propertis uap, orifice Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan propertis uap jenuh sebelum dan setelah melewati media penghalang orifice,mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran dari sudut pandang ahli media dan ahli materi, danmengukur kelayakan media pembelajarantersebut dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R and D) dengan desain penelitian Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Bahan penelitian pengembangan adalah media pembelajaran perubahan propertis uap jenuh melalui orifice berupa alat peraga.Subyek penelitian adalah ahli media pembelajaran, ahli materi Termodinamika dan mahasiswa mata kuliah Termodinamika Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang menjadi penilai atas kelayakkan media pembelajaran yang dikembangkan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan eksperimental.Hasil validasi para ahli dan tanggapan mahasiswa dianalisis dengan teknik skala persentase dan dijabarkan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan propertis uap jenuh sebelum dan setelah melalui orifice. Persentase kelayakkan dari ahli media diperoleh 96% tergolong dalam kriteria sangat baik, dari ahli materi diperoleh 77,76% dan tergolong dalam kriteria baik, sedangkan dari penilaian mahasiswa diperoleh 76,5%, nilai ini termasuk dalam kriteria baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, propertis uap, orifice Tujuan
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 16 Nov 2017 14:23
Last Modified: 16 Nov 2017 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27534

Actions (login required)

View Item View Item