EFEKTIVITAS LATIHAN BERJALAN DI ATAS JEJAK TELAPAK KAKI DAN DI ATAS KAYU TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTISMA YOGASMARA PEDURUNGAN SEMARANG


Muhamad Muslih , 6211412021 (2016) EFEKTIVITAS LATIHAN BERJALAN DI ATAS JEJAK TELAPAK KAKI DAN DI ATAS KAYU TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTISMA YOGASMARA PEDURUNGAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211412021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak autis adalah suatu gangguan perkembangan yang kompleks, biasanya muncul pada usia 1 sampai dengan 3 tahun, yang membuat dirinya tidak dapat berhubungan sosial atau komunikasi secara normal. Keseimbangan anak autis kurang pada saat berdiri berjalan mengikuti garis lurus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas berjalan di atas jejak telapak kaki dan berjalan di atas kayu terhadap keseimbangan anak autis. Hal tersebut yang melatar belakangi penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pre-post test design. Populasi penelitian semua siswa kelas I-IV di SLB Autisma Yogasmara Pedurungan Semarang yang berjumlah 15 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 10 siswa dan pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok 1 (latihan berjalan di atas jejak telapak kaki) dan kelompok 2 (latihan berjalan di atas kayu). Perlakuan keseimbangan dilakukan dua kali yaitu sebelum perlakuan (pre test) dan sesudah perlakuan (post test). Analisis data menggunakan paired t test dan independent t test dengan menggunakan SPSS versi 16. Hasil penelitian pada kelompok 1 rata-rata keseimbangan pre test 5,01 ± 1,81 detik dan post test 17,14 ± 4,64 detik. Terjadi peningkatan keseimbangan 70%, dengan p = 0,001 yang artinya terdapat berbedaan antara pre test dan post test pada kelompok 1 perlakuan berjalan di atas jejak telapak kaki. Pada kelompok 2 rata-rata keseimbangan pre test 4,75 ± 1,19 detik dan post test 16,02 ± 2,78 detik. Terjadi peningkatan keseimbangan 70%, dengan p = 0,001 yang artinya terdapat berbedaan antara pre test dan post test pada kelompok 2 perlakuan berjalan di atas kayu. Simpulan latihan berjalan di atas jejak telapak kaki dan latihan berjalan di atas kayu sama-sama efektif terhadap keseimbangan anak autis di SLB Autisma Yogasmara Pedurungan Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan jalan, jejak telapak kaki, papan kayu, Keseimbangan, Autis
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 16 Nov 2017 14:02
Last Modified: 16 Nov 2017 14:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27533

Actions (login required)

View Item View Item