PENGARUH LATIHAN LEPAS TANGKAP BOLA TERHADAP HASIL PUKULAN SOFTBALL PADA PEMAIN UNIT KEGIATAN MAHASISWA SOFTBALL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2016


Syamsul Anwar , 6211412001 (2016) PENGARUH LATIHAN LEPAS TANGKAP BOLA TERHADAP HASIL PUKULAN SOFTBALL PADA PEMAIN UNIT KEGIATAN MAHASISWA SOFTBALL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211412001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil pukulan merupakan salah satu unsur penting dalam permainan softball. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh latihan dengan lepas tangkap bola terhadap hasil pukulan pemain softball UKM Unnes dan mengetahui apakah efektif latihan dengan lepas tangkap bola meningkatkan hasil pukulan pada pemain softball UKM Unnes. Populasi penelitian ini adalah pemain softball UKM softball Unnes yang berjumlah 30 pemain. Tehnik pengambilan sampel dengan total sampling dengan rancangan one group pretest and posttest design. Variabel penelitian ini yaitu variabel bebas latihan lepas tangkap bola, variabel terikat hasil pukulan pemain Softball. Metode analisis data menggunakan uji perbedaan dengan paired sample-t-test dengan taraf signifikan 5%. Penghitungan data latihan lepas tangkap bola diperoleh rata-rata pre-test 23,76 dan post-test 28,76 dengan nilai probalilitas (p) = 0,200 (>0,05) berarti ada perbedaan hasil pukulan sebelum dan sesudah diberi latihan dengan latihan lepas tangkap bola. Latihan pukulan dengan lepas tangkap bola efektif digunakan untuk meningkatkan hasil pukulan dengan peningkatan 17,38%. Simpulan penelitian ini adalah (1) ada pengaruh hasil pukulan sebelum dan sesudah diberi latihan dengan latihan lepas tangka bola, (2) ada perbedaan hasil pukulan sebelum dan sesudah diberi latihan lepas tangkap bola, (3) latihan pukulan dengan lepas tangkap bola efektif digunakan untuk meningkatkan hasil pukulan pemain softball UKM Unnes. Saran: bagi pelatih hendaknya bisa mencoba variasi latihan dalam memukul bola yaitu dengan dengan latihan lepas tangkap untuk meningkatkan kemampuan hasil pukulan, bagi pemain softball dalam berlatih pukulan hendaknya dapat menggunakan metode lepas tangkap bola sebagai alternatif meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan dan pemain perlu berlatih secara kontinu sesuai target latihan yang telah ditentukan dan peningkatan latihan dilakukan secara bertahap agar peningkatan hasil pukulan dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Pukulan, Lepas Tangkap Bola
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 16 Nov 2017 13:56
Last Modified: 16 Nov 2017 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27532

Actions (login required)

View Item View Item