PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN PKn DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SEMARANG
Novia Mekar Rosantiana , 3301412037 (2016) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN PKn DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (518kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis pada tanggal 26 februari 2016, Hasil belajar kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Semarang cukup baik namun belum memuaskan. Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar karena kurangnya ketertarikan siswa dalam pembelajaran, terutama dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pemilihan media yang sesuai dengan isi materi pelajaran diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Media yang dipilih yaitu media audio visual berbentuk video pembelajaran. Berdasarkan pemaparan diatas, rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan media audio visual dalam pembelajaran PKn di kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Semarang. (2) Apakah penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada pelajaran PKn di SMP Muhammadiyah 4 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dua kali pertemuan. Pertemuan I pada tanggal 15 April 2016 dan pertemuan II pada tanggal 22 April 2014 dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif jenis eksperimen rancangan one-group pretest-posstes desaign. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre- Eksperimen Desighn. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil belajar kognitif siswa. Teknik nontes berupa hasil belajar afektif dan psikomotorik berupa data perilaku siswa dari hasil observasi. Penerapan media audio visual dilaksanakan melalui tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Tahap perencanaan yaitu mempersiapkan sarana dan prasaranadalam proses pembelajaran. Tahap pelaksanaan berupa kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Penerapan media audio visual dalam proses pembelajaran menunjukan adanya peningkatan hasil belajar. Hasil belajar aspek kognitif mengalami peningkatan sebesar 35,98, dilihat dari rata-rata pretest sebesar 39,30 dan rata-rata posttest sebesar 85,28, hasil uji t yang diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 3,269 > 1,688. Hasil belajar aspek afektif mengalami penngkatan sebesar 13,1 pada pertemuan pertama memiliki rata-rata sebesar 74,4 dan pertemuan kedua sebesar 87,5. Hasil belajar aspek psikomotorik mengalami peningkatan sebesar 4,5 pada pertemuan pertama memiliki rata-rata sebesar 76,1 dan pertemuan kedua sebesar 80,6, Setelah adanya penerapan media audio visual maka dapat disimpulkan terjadi perubahan tingkah laku siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dalam proses pembelajaran dengan penerapan media audio visual, guru hendaknya lebih teliti dengan ketepatan waktu pembelajaran berlangsung. Waktu yang kurang efisien dapat memicu keributan siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Hasil Belajar,PKn. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Outcomes |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 15 Nov 2017 18:34 |
Last Modified: | 15 Nov 2017 18:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27527 |
Actions (login required)
View Item |