PENGEMBANGAN MEDIA PERAGA AIR CONDITIONER BERBASIS TROUBLESHOOTING PADA MATA KULIAH SISTEM AC


Anindita Aziz Pradana , 5201411007 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PERAGA AIR CONDITIONER BERBASIS TROUBLESHOOTING PADA MATA KULIAH SISTEM AC. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201411007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan dan keefektifan peraga air conditioners berbasis troubleshooting pada pembelajaran kompetensi memahami teknik troubleshooting sistem AC mobil. Penelitian ini menggunakan metode research and development model ADDIE, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluation. Tahap analisis, yaitu menganalisis peraga yang digunakan selama ini pada pembelajaran konsep terjadinya troubleshooting. Tahap perancangan, proses merancang alat peraga yang dapat membentu, mempermudah serta memperjelas materi pembelajaran. Tahap pengembangan, alat peraga ini dibuat kemudian diuji kelayakan oleh ahli materi dan media. Tahap penerapan, mengujicobakan alat peraga yang telah dikembangkan pada mahasiswa dengan mengunakan metode eksperimen pre-test post-test control grup design. Terakhir tahap atau evalusai, adalah tahap untuk mengevaluasi media pembelajaran yang telah dikembangkan dan evaluasi terhadap hasil belajar mahasiswa. Hasil analisis deskriptif alat peraga layak digunakan sebagai media pembelajaran. Terlihat dari jumlah skor hasil validasi ahli media I dan II, sebesar 54 skor maksimal yang diharapkan, sebesar 64 berada pada rentang skala tanggapan 52 < 54 < 64 dengan kriteria sangat layak. Sedangkan jumlah skor yang didapat dari validasi ahli materi I dan II, sebesar 169 skor maksimal yang diharapkan, sebesar 176 atau berada pada rentang skala tanggapan 143 < 169 < 176 dengan kriteria sangat layak. Sedangkan hasil analisis deskriptif kualitatif diketahui bahwa alat peraga yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Terlihat dari hasil nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa, yaitu hasil belajar mahasiswa pada kelompok eksperimen yang semula 55,75 menjadi 77,61 dengan peningkatan 21,82 atau 39,21% . Kelompok kontrol mengalami peningkatan hasil belajar 16 atau 28,36% dari nilai rata-rata semula 56,41 menjadi 72,41. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa alat peraga yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa secara signifikan dibandingkan tanpa alat peraga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media peraga, air conditioner, troubleshooting, pembelajaran, sistem AC
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 18:19
Last Modified: 15 Nov 2017 18:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27522

Actions (login required)

View Item View Item