MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PENGETAHUAN MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)


Muhammad Syaefudin , 5201410081 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PENGETAHUAN MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201410081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang meningkatkan hasil belajar pengetahuan menggunakan perkakas tangan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament(TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar kompetensi pengetahuan menggunakan perkakas tangan serta untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar kompetensi pengetahuan menggunakan perkakas tangan dengan model pembelajaran TGT dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran ceramah. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Teknik Mesin yang terbagi dalam tiga kelas yaitu X, XI, dan XII. Penelitian yang dilakukan hanya dua kelas yang diambil secara acak dan didapat siswa kelas X TM 2 sejumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X TM 1 sejumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Ratarata hasil belajar kompetensi menggunakan perkakas tangan yang diperoleh kelas eksperimen, yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran TGT mengalami peningkatan sebesar 5,6, yang mulanya 13,3 menjadi 18,9. Sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ceramah hanya mengalami peningkatan sebesar 2,9, yang mulanya 13,4 menjadi 16,3. Dari hasil uji analisis juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kompetensi menggunakan perkakas tangan setelah menggunakan model pembelajaran TGT yaitu (18,9-13,3) – (16,3-13,4) = 2,7

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TGT, Ceramah, Hasil Belajar.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 18:19
Last Modified: 15 Nov 2017 18:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27521

Actions (login required)

View Item View Item