PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA TRANSMISI OTOMATIS DAN KOMPONENNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR


Bernardus Prasetya Margo Hutomo , 5201410067 (2016) PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA TRANSMISI OTOMATIS DAN KOMPONENNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201410067.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kenyataan di sekolah yang terjadi adalah siswa sering kesulitan belajar karena tidak adanya media penunjang yang menarik minat belajar siswa. Hal ini pula menyebabkan proses belajar tidak efektif karena kegiatan belajar siswa kurang maksimal. Melihat fenomena tersebut diperlukan gagasan yang inovatif dan kreatif dalam menciptakan media interaktif sebagai media pembelajaran, sehingga bisa dimanfaatkan di dunia pendidikan dengan baik guna mendukung kegiatan belajar mengajar dan menarik minat dan motivasi belajar siswa, karena melalui media tersebut siswa bisa lebih mudah dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti berusaha untuk menerapkan media interaktif berbasis macromedia flash untuk digunakan dalam pembelajaran Memelihara Transmisi Otomatis dan Komponen-Komponennya di Sekolah Menengah Kejuruan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui adakah peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan media berbasis macromedia flash pada kompetensi memelihara transmisi otomatis dan komponen-komponennya dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan media powerpoint. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian quasi-eksperimental dengan pendekatan non-randomized control group pretest-posttest design atau desain prates-pascates kelompok control tanpa acak. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK St. Pius X Blora yang terdiri dari dua kelas XI TKR sebanyak 60 siswa dan XII TKR sebanyak 30 siswa. Sampel penelitian diperoleh dengan cluster sampling atau sampel daerah yaitu siswa kelas XI TKR 1 dan 2 yang berjumlah 60 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, media interaktif berbasis macromedia flash yang diterapkan dikelas XI TKR 1 menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan media interaktif berbasis macromedia flash hasil belajarnya meningkat secara signifikan daripada siswa yang diajarkan tanpa media berbasis macromedia flash. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata – rata hasil studi kompetensi memelihara transmisi otomatis dan komponen pada kelompok eksperimen yang semula 65,93 menjadi 86,67 atau terjadi peningkatan sebesar 13,59%, sedangkan pada kelompok kontrol yang semula memiliki rata–rata sebesar 63,93 menjadi 83,33 atau terjadi peningkatan sebesar 13,17%. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran dengan media berbasis macromedia flash baik dibandingkan dengan pembelajaran tanpa media berbasis macromedia flash pada kompetensi memelihara transmisi otomatis dan komponennya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash, Transmisi Otomatis, dan Media Interaktif
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 18:19
Last Modified: 15 Nov 2017 18:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27520

Actions (login required)

View Item View Item