PENGARUH PROSENTASE MINYAK CENGKEH PADA PREMIUM, PERTAMAX, DAN CAMPURAN PREMIUM DENGAN PERTAMAX TERHADAP EMISI GAS BEKAS DAN PERFORMA MOTOR 4 LANGKAH 1 SILINDER


Dista Arfian Nur Handika , 5201410048 (2016) PENGARUH PROSENTASE MINYAK CENGKEH PADA PREMIUM, PERTAMAX, DAN CAMPURAN PREMIUM DENGAN PERTAMAX TERHADAP EMISI GAS BEKAS DAN PERFORMA MOTOR 4 LANGKAH 1 SILINDER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201410048.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya pertumbuhan di bidang transportasi mengakibatkan meningkat pula kebutuhan akan bahan bakar minyak. Sedangkan ketersediaan bahan bakar minyak semakin berkurang dan juga tidak dapat diperbaharui. Disisi pencemaran lingkungan dengan bertambahnya kendaran bermotor polusi yang dihasilkan semakin bertambah.Semakin menipisnya cadangan minyak bumi saat ini dan diperkirakan habis 15-20 tahun lagi, membuat kelangkaan bahan bakar minyak akan sulit dihindari. Bahan bakar alternatifpun mulai dipikirkan, baik pengembangan bahan bakar baru pengganti bahan bakar maupun penambahan bahan–bahan tertentu pada bahan bakar minyak. Penelitian ini akan menggunakan minyak cengkeh sebagai bioaditif pada bahan bakar premium, pertamax, dan campuran premium dengan pertamax untuk mencari pengaruhnya terhadap daya, torsi, dan emisi gas buang sepeda motor, serta mendapatkan komposisi terbaik untuk campurannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan statistika deskripsitf. Variabel bebas adalah premium dicampur minyak cengkeh (komposisi minyak cengkeh 0,5%, 1%, 1,5%), pertamax dicampur minyak cengkeh (komposisi minyak cengkeh 0,5%, 1%, 1,5%), pertamax dicampur premium (50:50), serta penambahan minyak cengkeh pada pencampuran premium dan pertamax (komposisi minyak cengkeh 0,5%, 1%, 1,5%). Variabel terikat adalah daya, torsi, dan emisi gas buang. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan, dengan menambahkan bioaditif minyak cengkeh kedalam bahan bakar premium, pertamax dan campuran premium dengan pertamax dapat menghasilkan daya dan torsi maksimum yang lebih besar dari premium, pertamax,dan campuran premium dengan pertamax dan menghasilkan emisi gas buang yang lebih baik Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menambahkan bioaditif minyak cengkeh kedalam bahan bakar premium, pertamax,dan campuran premium dengan pertamax dapat meningkatkan daya dan torsi, dan menghasilkan emisi gas buang yang lebih baik. Komposisi campuran terbaik dihasilkan oleh campuran premium dengan pertamax+ minyak cengkeh 0,5%, karena menghasilkan daya dan torsi tertinggi. Sedangkan campuran premium+ minyak cengkeh 1% menghasilkan emisi gas buang terbaik dengan kadar CO dan CO2 terendah namun hasil HC tidak lebih baik dari premium murni.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bioaditif,minyak cengkeh, emisi gas buang, konsumsi bahan bakar, performa, premium, pertamax.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 18:09
Last Modified: 15 Nov 2017 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27519

Actions (login required)

View Item View Item