PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN LAS LISTRIK KOMPETENSI KEAHLIAN PEKERJAAN LAS DASAR


Aji Dwi Wijaya , 5201410045 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN LAS LISTRIK KOMPETENSI KEAHLIAN PEKERJAAN LAS DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201410045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar sebelum dan sesudah perlakuan penggunaan media animasi pengelasan dasar las listrik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TP di SMK Wisudha Karya Kudus dengan jumlah 80 peserta didik pada tahun pelajaran 2014/2015. Teknik sampling yang dilakukan adalah purposive sampel (sampel bertujuan). Variabel bebas yaitu penggunaan media animasi animasi dan media ceramah. Variabel terikat adalah prestasi belajar sub pokok bahasan las listrik kompetensi pekerjaan las dasar.Hasil penelitian menunjukan rata-rata prestasi belajar post test = 1,66. Karena t berada pada daerah penolakan Ho, maka dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Ketuntasan prestasi belajar pada kelompok eksperimen terdapat 40 peserta didik (94%) dan kelompok kontrol hanya 81%. Persentase peningkatan rata-rata prestasi belajar kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 25,9% sedangkan kelompok kontrol hanya 17,2%. Rata-rata hasil belajar sebelum dilakukan pembelajaran pada kedua kelompok tergolong rendah. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 56,2 dan kelompok kontrol 57,5. Rata-rata hasil belajar post test kelas eksperimen mencapai 88,83 sedangkan kelas kontrol mencapai rata-rata prestasi belajar 73,06. Kesimpulan penelitian: 1) Rata-rata hasil belajar sebelum dilakukan pembelajaran terhadap kedua kelompok relatif sama dan rendah; 2) Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen mencapai 88,83 dan kelompok kontrol 73,06; 3) Terjadi peningkatan prestasi belajar yang signifikan terhadap kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol; 4) Hasil kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Media animasi pengelasan las dasar listrik, Pengaruh prestasi belajar
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 18:02
Last Modified: 26 Mar 2018 14:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27518

Actions (login required)

View Item View Item