PENGUNAAN PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI IDENTIFIKASI DAN MERANGKAI SISTEM PENGISIAN SEPEDA MOTOR
Naufal Farras Sajid , 5201410029 (2016) PENGUNAAN PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI IDENTIFIKASI DAN MERANGKAI SISTEM PENGISIAN SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi identifikasi dan merangkai sistem pengisian sepeda motor, peningkatan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain penelitian experimental design dengan pendekatan pre-test post-test control group design, populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI TSM SMK N 2 Kendal tahun ajaran 2015/2016. Tes digunakan sebagai alat pengumpulan data penelitian. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji gain. Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran alat peraga meningkat lebih tinggi dari pada pembelajaran tanpa alat peraga. Berdasarkan pengujian gain sebesar 0.44% pada kelas eksperimen dengan kategori sedang dan 0.313% untuk kelas kontrol dengan kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | alat peraga, sistem pengisian, hasil belajar, troubleshooting sistem pengisian sepeda motor. |
Subjects: | |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 15 Nov 2017 16:58 |
Last Modified: | 15 Nov 2017 16:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27516 |
Actions (login required)
View Item |