IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) PADA PEMBELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA


Danang Tri Saputro , 5201410023 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) PADA PEMBELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201410023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Implementasi Pendekatan Pembelajaran Science Environment Technology Society ( SETS ) Pada Pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Pendidikan Teknik Mesin. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui peningkatan hasil belajar setelah proses pembelajaran mengunakan penerapan pendekatan pembelajaran SETS. (2) mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PDTO mengunakan penerapan pendekatan pembelajaran SETS. Penelitian ini menggunakan Penelitian eksperiman dengan pendekatan pre-test post-test control group design. Pengolahan data menggunakan dokumentasi untuk mengetahui seberapa besar nilai rata-rata hasil belajar siwa, perhitungan uji-t untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dari 3 kelas yang ada, yaitu kelas X TKR 3 sebagai kelas eksperimen, X TKR 2 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI TKR 2 sebagai kelas uji coba instrume. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen sebesar 78,33 dengan peningkatan sebesar 15,73 (25,12%), sedangkan rata-rata nilai belajar kelompok kontrol sebesar 70,10 dengan peningkatan sebesar 6,87 (10,86%).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan, SETS, hasil belajar
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 16:52
Last Modified: 15 Nov 2017 16:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27514

Actions (login required)

View Item View Item