KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PERAGA COMBINED BRAKE SYSTEM BERBASIS MODUL DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI MEKANISME PENGEREMAN PADA SISWA SMK N 4 SEMARANG


Muhammad Afif Aziz, 5201410020 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PERAGA COMBINED BRAKE SYSTEM BERBASIS MODUL DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI MEKANISME PENGEREMAN PADA SISWA SMK N 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201410020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan selama ini dengan metode ceramah bervariasi dengan menggunakan media media alat sebenarnya, yaitu sepeda motor yang biasa digunakan dalam pembelajaran di workshop. Hasil dari proses pembelajaran tersebut sebenarnya cukup baik, akan tetapi media yang digunakan ini cenderung menjadikan siswa bosan, kurang motivasi, dan kurang aktif. Hal ini menyebabkan pemahaman siswa terhadap materi masih kurang. Untuk menghilangkan rasa bosan, meningkatkan motivasi, dan keaktifan diperlukan suatu media baru yang lebih menarik dan menimbulkan rasa ingin tahu dari diri siswa. Salah satunya yaitu dengan menggunakan alat peraga pembelajaran. Alat peraga pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut, dengan adanya alat peraga inovatif akan menghilangkan rasa bosan, meningkatkan motivasi, dan keaktifan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan media peraga Combined Brake System (CBS) berbasis modul digital efektif dalam meningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memperbaiki mekanisme pengereman pada siswa kelas XI TSM Honda SMK N 4 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pre-experimental design dengan pola one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI TSM Honda SMK Negeri 4 Semarang yang terdiri dari satu kelas sebanyak 32 siswa. Sampel penelitian di peroleh dengan teknik sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas XI TSM Honda dijadikan sampel. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa kelas XI TSM Honda yang diajar dengan menggunakan media peraga Combined Brake System berbasis modul digital menunjukkan efek peningkatan dan hasil belajarnya lebih baik. Rata-rata hasil belajar pada ranah kognitif mengalami peningkatan 9,50 termasuk dalam kategori sedang dengan nilai g = 0,33. Pada ranah psikomotorik rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan 3,66 termasuk dalam kategori rendah dengan nilai g = 0,17.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media peraga Combined Brake System (CBS), modul digital, dan hasil belajar.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 16:51
Last Modified: 15 Nov 2017 16:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27513

Actions (login required)

View Item View Item