PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI TEORI TRANSMISI DI SMK NEGERI 1 SEMARANG


Wahyu Wibowo , 5201409094 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI TEORI TRANSMISI DI SMK NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201409094.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru dalam proses pembelajaran teori transmisi pada mengidentifikasi transmisi manual dan komponen-komponennya sudah menggunakan metode yang cukup baik, tetapi masih ada sedikit kekurangan, seperti: siswa yang kurang aktif dalam proses belajar dan kurang dapat menyerap materi dalam bentuk teori. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui hasil belajar materi teori tansmisi yang menggunakan metode pembelajaran talking stick dan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional; 2). mengetahui adanya perbedaan hasil belajar materi teori transmisi yang menggunakan metode pembelajaran talking stick dan yang menggunakan metode konvensional. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen dengan rancangan Pre test-Post test Control Group Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Semarang, sebanyak 131 siswa, sedangkan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI TKR1 sebanyak 33 siswa yang diberikan pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol dan kelas XI TKR3 sebanyak 33 siswa yang diberikan pembelajaran model talking stick sebagai kelas eksperimen. Data hasil post test kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran konvensional dengan rata-rata nilai sebesar 80,26 termasuk dalam kategori baik. (2) Hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran talking stick dengan rata-rata nilai sebesar 85,02 termasuk dalam kategori baik. (3) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada materi teori transmisi antara kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran talking stick dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional pada kelas XI TKR SMK Negeri 1 Semarang berdasarkan nilai thitung sebesar 2,672 > nilai ttabel sebesar 1,997. Saran penelitian ini adalah sebaiknya para guru menggunakan pembelajaran metode pembelajaran Talking Stick sehingga dapat membuat siswa lebih aktif, karena pembelajaran ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teori transmisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, talking stick, hasil belajar, transmisi
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 15:38
Last Modified: 15 Nov 2017 15:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27509

Actions (login required)

View Item View Item