PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PRAKTIK PERMESINAN PEMBUATAN RODA GIGI LURUS


Ali Nurrohman , 5201409107 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PRAKTIK PERMESINAN PEMBUATAN RODA GIGI LURUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201409107.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pembuatan roda gigi lurus, beserta tingkat kevalidannya berdasarkan uji pakar media pembelajaran dan pakar pembuatan roda gigi lurus, dan untuk mengetahui bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pembuatan roda gigi lurus.Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) untuk mengahasilkan produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan rencana perkuliahan semester (RPS) mata kuliah praktik permesinan semester genap 2015/2016. Uji validasi dilakukan oleh dua bidang keahlian, yakni oleh ahli media pembelajaran dan ahli pembuatan roda gigi lurus. Uji coba media pembelajaran diterapkan pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah praktik permesinan semester genap tahun ajaran 2015/2016.Hasil uji validitas media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pembuatan roda gigi lurus dari ahli media pembelajaran dan ahli pembuatan roda gigi lurus adalah 84,17% (layak) dan 88,81% (sangat layak). Hasil tanggapan mahasiswa mengenai media pembelajaran mencapai 88,36% (sangat baik). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pembuatan roda gigi lurus dikembangkan dengan menggunakan software Adobe Flash CS3, software adobe photoshop CS5 sebagai pengolah gambar dan software goldwave sebagai pengolah suara. Berdasarkan uji validitas dan tanggapan mahasiswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif layak untuk digunakan dalam pembelajaran.Saran yang dapat disampaikan untuk penelitian selanjutnya yakni media pembelajaran masih dapat dikembangkan dengan memperbaiki gambar animasi agar lebih halus dan menambahkan tombol pengontrol suara. Selain itu penelitian ini masih dapat dilanjutkan untuk menentukan keefektifan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif juga dapat dikembangkan untuk jobsheet yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, multimedia interaktif, roda gigi lurus.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 15:54
Last Modified: 15 Nov 2017 15:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27508

Actions (login required)

View Item View Item