PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Miftakhul Ulum , 5201409113 (2016) PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201409113.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

PKL adalah praktik kerja lapangan yang dilakukan mahasiswa secara kelompok untuk meningkatkan pengalaman praktis penerapan bidang keahlian dengan mempelajari suatu sistem pada suatu perusahaan/lembaga/instansi serta mempelajari aspek-aspek kewirausahaan yang terkait dengan industri yang ditempati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai mata kuliah PKL mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang (Prodi PTM UNNES), mengetahui minat berwirausaha pada mahasiswa Prodi PTM UNNES dan mengetahui apakah ada pengaruh nilai mata kuliah PKL terhadap minat berwirauasha pada mahasiswa Prodi PTM UNNES. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi PTM UNNES Angakatan 2013 yang melaksanakan PKL pada semester genap tahun 2016 yaitu berjumlah 83 mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Uji instrumen penelitian menggunakan perhitungan manual dengan program Microsoft Excel. Analisis data yang akan dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Pengolahan dan analisis data menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solutian (SPSS). Hasil penelitian ini yaitu nilai mata kuliah PKL pada mahasiswa Program Studi PTM UNNES termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu dengan rata-rata persentase sebesar 87,08%. Minat berwirausaha pada mahasiswa Program Studi PTM UNNES termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu dengan rata-rata persentase sebesar 85,61%. Ada pengaruh antara nilai mata kuliah PKL terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Program Studi PTM UNNES. Pengaruh tersebut termasuk dalam kategori rendah yaitu 7,9 % sebab bervariasinya standar pertimbangan pemberian nilai PKL oleh pembimbing lapangan. Setiap pembimbing lapangan di masing-masing tempat pelaksanaan PKL memiliki standar penilaian yang berbeda karena tidak ada patokan standar penilaian nilai dari Gugus PKL FT UNNES Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, penyusun memberikan saran yaitu Gugus PKL Fakultas Teknik UNNES perlu menekankan kepada mahasiswa PKL untuk mempelajari aspek-aspek kewirausahaan secara matang sehingga mahasiswa PKL memiliki minat berwirausaha dan memiliki kesiapan dalam berwirausaha setelah lulus kuliah. Selain itu perlu adanya standariasi deskripsi penilaian oleh pembimbing lapangan sehingga penilaian mahasiswa menggunakan standar yang sama walaupun tempat PKL berbeda. Peneliti selanjutnya diharapakan memberlakukan standarisasi deskripsi penilaian oleh pembimbing lapangan maupun dosen pembimbing sehinnga validitas nilai mata kuliah PKL menjadi akurat dan bisa diketahui besaran pengaruh kontribusi PKL tehadap minat berwirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: praktik kerja lapangan, minat, wirausaha
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 15:38
Last Modified: 15 Nov 2017 15:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27507

Actions (login required)

View Item View Item