PENERAPAN MEDIA FLASH FLIP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMPROGRAM MESIN CNC DASAR


Edy Suharsono , 5201409120 (2016) PENERAPAN MEDIA FLASH FLIP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMPROGRAM MESIN CNC DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201409120.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran memprogram mesin CNC di SMK Saraswati Salatiga sudah cukup baik, tetapi masih ada kelemahan, yaitu: siswa masih kurang memahami materi memprogram mesin CNC dasar yang disampaikan guru, sehingga hasil belajar hanya kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui hasil belajar pada kompetensi memprogram mesin CNC dasar setelah penerapan media Flash Flip Book; 2). Menguji keefektifan penerapan media Flash Flip Book pada hasil belajar kompetensi memprogram mesin CNC dasar untuk siswa kelas XI jurusan Teknik Pemesinan SMK Saraswati Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen jenis Pre tests-post test control group design, yaitu adanya pre test pada kelompok eksperimen dan kontrol.. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Saraswati Salatiga, sebanyak 72 siswa, sedangkan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI TP A sebanyak 38 siswa yang diberikan pembelajaran dengan media Flash Flip Book sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TP B sebanyak 34 siswa yang diberikan pembelajaran tanpa media Flash Flip Book sebagai kelas kontrol. Data hasil praktik kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar memprogram mesin CNC dasar dengan penerapan media Flash Flip Book kelas XI TP A (eksperimen) dengan nilai rata-rata sebesar 7,34 termasuk dalam kategori baik. (2) Hasil belajar memprogram mesin CNC dasar tanpa penerapan media Flash Flip Book kelas XI TP B (kontrol) dengan nilai rata-rata sebesar 6,87 termasuk dalam kategori cukup. (3) Ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar memprogram mesin CNC dasar antara kelas XI TP A (eksperimen) menggunakan media Flash Flip Book dan kelas XI TP B (kontrol) tanpa menggunakan media Flash Flip Book berdasarkan hasil pengujian kesamaan dua rata-rata data post menggunakan uji t diperoleh nilai thitung= 3,525 >ttabel= 1,67. Saran penelitian ini adalah penggunaan media Flash Flip Book perlu diterapkan oleh guru sebagi salah satu alternatif dalam pembelajaran memprogram mesin CNC dasar. Pembelajaran menggunakan media Flash Flip Book perlu dimodifikasi guru sebagai fasilitator dengan menambah kegiatan mengulas materi dan video, serta kegiatan tanya jawab untuk meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Flash Flip Book, memprogram mesin CNC dasar
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 15:55
Last Modified: 15 Nov 2017 15:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27506

Actions (login required)

View Item View Item