PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PENGOPERASIAN MESIN BUBUT


Muh. Alfian Zaifani, 5201409081 (2016) PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PENGOPERASIAN MESIN BUBUT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201409081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurangnya nilai belajar siswa dan minimnya media pembelajaran menjadikan video sebagai latar belakang dalam penelitian di SMK Negeri 5 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan mengetahui pengaruh penerapan media video serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI TP di SMK Negeri 5 Semarang. Desain yang digunakan adalah desain eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI TP di SMK Negeri 5 Semarang, sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas XI TP 1 dan TP 2. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, variabel bebasnya adalah penggunaan media video, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada kompetensi dasar pengoperasian mesin bubut. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode tes dan kuesioner atau angket. Berdasarkan analisis hasil penelitian, bahwa ada peningkatan hasil belajar tentang pengoperasian mesin bubut dengan menggunakan media video dan terdapat pengaruh positif tentang penggunaan media video. Dari hasil analisis t-tes didapatkan thitung = 4,725 dan ttabel = 1,67. Karena nilai thitung > ttabel, maka kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Hasil belajar siswa pada pre-test menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 58,88 dan 58,67, sedangkan hasil belajar siswa pada post-test menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 82,13 dan 70,91. Dari data tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar pengoperasian mesin bubut. Untuk hasil belajar siswa 39,48% dipengaruhi oleh penggunaan media video, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mengggunakan media video dalam pembelajaran kompetensi dasar pengoperasian mesin bubut lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang melaksanakan pembelajaran konvesional dan penggunaan media video berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada kompetensi dasar pengoperasian mesin bubut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penerapan, media video, mesin bubut
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 15:06
Last Modified: 15 Nov 2017 15:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27504

Actions (login required)

View Item View Item