PENGEMBANGAN (ENGINEERING DIGITAL BOOK) DENGAN MATERI TEORI MESIN BUBUT SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN PRAKTIK PERMESINAN DI UNIVERSITAS NEGERI


Nanang Syaifur Rozi , 5201409064 (2016) PENGEMBANGAN (ENGINEERING DIGITAL BOOK) DENGAN MATERI TEORI MESIN BUBUT SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN PRAKTIK PERMESINAN DI UNIVERSITAS NEGERI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201409064.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

ENDIBO Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis android sebagai sumber belajar mandiri. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis android berupa aplikasi dengan konten materi pengenalan mesin bubut dan menentukan kualitas dari aplikasi ENDIBO sebagai sumber belajar mandiri. Metode penelitian yang digunakan untuk pengembangan aplikasi ENDIBO adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Produk media pembelajaran berbasis android yang telah dihasilkan, selanjutnya dinilai dan divalidasi kelayakannya oleh tiga ahli media dan tiga ahli materi. Kemudian dilakukan uji terbatas pada 30 mahasiswa. Kualitas dari aplikasi ENDIBO ditentukan oleh penilaian tiga ahli media, tiga ahli materi dan uji terbatas pada 30 mahasiswa. Berdasarkan penilaian pakar, aplikasi ENDIBO termasuk dalam kategori Sangat Baik, dengan persentase ketercapaian sebesar 87%. Uji coba terbatas yang dilakukan pada mahasiswa, ditemukan sebanyak 93% responden menyatakan respon positif terhadap aplikasi ENDIBO. Dari dua penilaian diatas, aplikasi ENDIBO layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri pada materi pengenalan mesin bubut di mata kuliah praktik permesinan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran pendamping, aplikasi
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 15:05
Last Modified: 15 Nov 2017 15:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27502

Actions (login required)

View Item View Item