PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN CNC DASARMENGGUNAKAN MODUL TUTORIAL CNC GSK 928 TE DI SMK DR. SUTOMO TEMANGGUNG


Muhammad Sulestiyawan , 5201409041 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN CNC DASARMENGGUNAKAN MODUL TUTORIAL CNC GSK 928 TE DI SMK DR. SUTOMO TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201409041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman CNC dasar menggunakan media pembelajaran modul tutorial. Penelitian ini menggunakan One-Group Pretest- Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII TP yang berjumlah 88 siswa dengan sampel berjumlah 28 siswa yang mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman CNC dasar. Penggunaan media pembelajaran modul tutorial menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman CNC dasar. Hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata sebelum menggunakan media pembelajaran modul tutorial sebesar 64,02 yang meningkat menjadi 82,25 setelah menggunakan media pembelajaran modul tutorial dengan peningkatan dalam persentase sebesar 28,48%. Peningkatan juga ditunjukkan dengan hasil uji gain sebesar 0,518 yang termasuk dalam kriteria sedang. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman CNC dasar setelah menggunakan media pembelajaran modul tutorial. Dilihat dari besarnya peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan media pembelajaran modul tutorial dalam penelitian, maka sebaiknya media pembelajaran modul tutorial selalu digunakan dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pada pembelajaran pemrograman CNC dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pemrograman CNC dasar, modul Tutorial
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 15:05
Last Modified: 15 Nov 2017 15:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27499

Actions (login required)

View Item View Item