PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII KOMPETENSI DASAR 5.1 MENJELASKAN MAKNA KEDAULATAN RAKYAT DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SEMARANG
Siti Choerina , 3301412026 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII KOMPETENSI DASAR 5.1 MENJELASKAN MAKNA KEDAULATAN RAKYAT DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (472kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan pembelajaran PKn dalam penelitian ini dikarenakan suasana kelas yang kurang kondusif dan monoton karena adanya pemisahan kelas antara siswa laki-laki dan perempuan dan belum optimalnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif, pembelajaran PKn masih sederhana yaitu metode ceramah. Penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif berdampak pada keaktifan siswa berkurang, dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga perlu adanya alternatif model pembelajaran, yaitu penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament terhadap pembelajaran PKn dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif jenis eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design bentuk Non equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII laki-laki yang tersebar dalam 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dan diperoleh kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Penerapan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament dilaksanakan melalui tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Tahap perencanaan guna mempersiapkan sarana prasarana dalam proses pembelajaran. Tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament meliputi hasil belajar aspek kognitif, dari hasil uji T-test rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat, dari rata-rata kelas 70 sampai rata-rata 81,13 dengan ttabel - 2,001717484 > thitung -3,170857607 > ttabel 2,001717484. Pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament meningkat 31,71%. Hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik melalui penilaian observasi meningkat secara signifikan sebanyak 33,42%. Maka disimpulkan bahwa pembelajaran model Team Game Tournament efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penulis menyarankan model Team Game Tournament dapat menjadi bahan rujukan bagi guru untuk menggunakan variasi model pembelajaran secara cermat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, TGT, Hasil Belajar, PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Cooperative Learning |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 15 Nov 2017 14:08 |
Last Modified: | 15 Nov 2017 14:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27495 |
Actions (login required)
View Item |