PENERAPAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU DI KANTOR KECAMATAN GUNUNGPATI SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE)


YUNI WINARTI , 3301412019 (2016) PENERAPAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU DI KANTOR KECAMATAN GUNUNGPATI SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan administrasi terpadu diselenggarakan bertujuan untuk memberikan kemudahan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah penerapan prinsipprinsip good governance pada Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kantor Kecamatan Gunungpati, (2) Bagaimanakah inovasi penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dalam menjamin hak-hak masyarakat saat menerima pelayanan publik, (3) Bagaimanakah kelebihan dan kelemahan pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kantor Kecamatan Gunungpati dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang baik atau good governance. Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian adalah Kantor Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Jawa Tengah. Fokus dari penelitian ini yaitu (1)Penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pelaksanaan pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) di kantor Kecamatan Gunungpati (2)Inovasi penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) (3)Kelebihan dan kelemahan pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kantor Kecamatan Gunungpati. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pelayanan administrasi terpadu di Kantor Kecamatan Gunungpati secara umum mengacu pada prinsipprinsip good governance yakni dengan berdasar pada prinsip kepastian hukum, akuntabilitas, transparasi/keterbukaan dan profesionalisme. Inovasi yang ada dalam PATEN yakni dengan menerapkan pelayanan dengan sistem informasi manajemen. Kelebihan dari pelayanan administrasi terpadu ini yakni pelayananya yang cepat, mudah dan murah. Kelemahan dari program ini yakni kurangnya personil petugas pelayanan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Penyelenggaraan pelayanan administrasi terpadu di Kantor Kecamatan berdasarkan pada prinsip-prinsip good governance, (2) Pelayanan administrasi terpadu di Kantor Kecamatan Gunungpati diselenggarakan dengan menerapkan pelayanan dengan sistem informasi manajemen (3) Sisi kelebihan dari penyelenggaraan pelayanan yakni dari segi fasilitas yang sudah sangat lengkap dan kekuranganya yaitu kurangnya koordinasi pembagian tugas sehingga beberapa loket tidak dijaga oleh petugas. Saran untuk penelitian ini yaitu (1) Bagi pihak penyelenggara PATEN untuk bisa mengemas program ini agar masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan, (2) Pemerintah lebih mengembangkan pelayanan berbasis internet dan tekonologi. (3) Pihak penyelenggara PATEN hendaknya meningkatkan koordinasi dan pembagian tugas agar PATEN berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, PATEN, Kecamatan, Good Governance
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2017 13:16
Last Modified: 15 Nov 2017 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27491

Actions (login required)

View Item View Item