PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESADARAN LALU LINTAS DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SMA N 1 WELAHAN


DIAS FEBRITAMA PUTRA , 3301412013 (2016) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESADARAN LALU LINTAS DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SMA N 1 WELAHAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412013.pdf] PDF - Published Version
Download (588kB)

Abstract

Permasalahan lalu lintas yang terus tumbuh dan berkembangdipandang memberikan kontribusi yang cukup besar pada kecelakaan lalu lintas dan pelangaran-pelangaran lalu lintas yang sering terjadi. Melihat banyaknya pelangaran lalu lintas kesadaran berlalu lintas memang suatu permasalahan yang menjadi tanggung jawab semua elemen pendidikan adalah wahana yang paling cocok dan paling berperan dalam menumbuhkan kesadaran berlalu lintas. Berdasarkan latar belakang diatas, permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan pengintegrasian Pendidikan Kesadaran Berlalu Lintas dalam Pembelajaran PKn di SMA N 1 Welahan (2) hambatan apa saja yang dialami guru PKn dalam pelaksanaan pengintegrasian Pendidikan Kesadaran Berlalu Lintas di SMA N 1 Welahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualititif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini meliputi: Kepala Sekolah, Guru PKn, dan siswa siswi di SMA Negeri 1 Welahan dan sumber data sekunder yang meliputi: dokumentasi, arsip dan buku pendidikan kesadaran lalu lintas. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi dan sumber. Analisis data dengan model analisis interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pendidikan kesadaran lalu lintas yang terintegrasi dengan pembelajaran PKn dilaksanakan dalam tiga kegiatan yaitu perencaaanpembelajaran dibuat oleh guru dengan menyesuaikan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, pelaksanaanpembelajaran dilakukan oleh guru mata pelajaran PKn dan pada saat tertentu diberikan sosialisasi oleh Polsek kecamatan Welahan berupa praktik tentang 12 gerakan lalu lintas, cara mengemudi yang baik, dan mengenalkan tentang peraturan Undang-Undang lalu lintas, dan evaluasi atau penilaianmenggunakan metode tes dilakukan pada saat ulangan harian sedangkan non tes yang meliputi penugasan serta tes lisan. (2) hambatan pengintegrasian pendidikan kesadaran lalu lintas dalam pembelajaran PKn yaitu hambatan dalam perencanaan pembelajaran, keterbatasan media, kurangnya kemampuan guru dalam mengunakan media pembelajaran, keterbatasan modul pembelajaran tentang kesadaran berlalu lintas dan hambatan dalam evaluasi pembelajaran serta kurangnya sosialisasi yang dilakukan pihak kepolisian. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran kesadaran lalu lintas seharusnya memberikan alokasi, selain itu guru dapat meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan media pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif agar siswa dapat dengan mudah memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru, (2) Bagi pihak kepolisian dapat memberikan sosialisasi rutin agar peserta didik mendapat pengetahuan lebih tentang pendidikan kesadaran lalu lintas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pendidikan, Kesadaran Lalau Lintas, Pembelajaran PKn.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Trafic System
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2017 14:58
Last Modified: 14 Nov 2017 14:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27487

Actions (login required)

View Item View Item